KPU Manado Sukses Gelar Webinar Strategi Pemutahiran Data Pemilih di Tengah Pandemi

MANADO – Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor mengatakan pihaknya sudah siap menghadapi proses pemutahiran data pemilih meski saat ini sedang menjalankan tahapan verifikasi faktual calon perseorangan untuk Pilkada 2020. Hal tersebut disampaikannya dalam Webinar tentang Strategi Pemutahiran Data Pemilih di Tengah Pandemi Covid-19, Jumat (10/07/2020).

“KPU Berusaha semaksimal mungkin bekerja melakukan semua tahapan Pilkada, walaupun di tengah pandemi covid-19. Kita berharap semua tahapan yang kami kerjakan mengikuti protokol penanganan Covid-19, walau saat ini sudah masuk pada new normal,” ungkapnya membuka kegiatan Webinar, sembari mengapresiasi pelaksanaan Webinar yang bekerjasama dengan LP3K Kota Manado, DPD GAMKI Sulut dan media manadoline.

Komisioner KPU Manado, Abdul Gafur Subaer yang menjadi narasumber menuturkan kerja penyelenggara terkait dengan Pilkada, akan menyesuaikan dengan protokol Covid-19, meski terasa berat karena berhadapan dengan kondisi sosial masyarakat akibat ketakutan pada virus corona.

“Kami menjamin keselamatan penyelenggara dan PPDP yang akan direkrut bekerja melakukan pemutahiran data pemilih, termasuk menfasilitasi dengan APD,” ujarnya.

Terkait dengan pemutahiran data pemilih, menurutnya KPU mengacu pada Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diserahkan oleh pemerintah daerah dan selanjutnya akan disingkronkan dengan daftar pemilu terakhir.

Sementara itu, anggota Bawaslu Manado Taufik Bilfaqih menegaskan pengawasan akan tetap dilakukan meski dengan kondisi pandemi Covid-19 dan itu sudah teruji saat melakukan verfak calon perseorangan di lapangan.

“Pengawasan sesuai aturan protokol kesehatan. Ada surat edaran KPU, jangan sampai terkontaminasi Covid-19. PKPU 6 bagaimana standar tahapan di tengah pandemi dan penyelenggara kena kode etik standar Covid-19,” jelasnya.

Dia menambahkan, suksesnya Pilkada Desember 2020 mendatang termasuk semua tahapan yang dilakukan, butuh keseriusan bersama dari semua penyelenggara.

Webinar yang dimoderatori wartawan manadoline.com, diikuti oleh PPK, PPS, Bawaslu Manado, Panwas Kecamatan dan Kelurahan se Kota Manado. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020