KUPP Kelas II Tahuna, Peringati Harhubnas 2020 Secara Virtual

Kepala KUPP Kelas II Tahuna Mocodompis Muhaling.

Manadoline.com, Tahuna- Memperingati Hari Perhubungan Nasional Tahun 2020, Kantor Urusan Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna akan melaksanakannya secara sederhana atau secara virtual. Dimana hal ini sesuai instruksi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia terkait peringatan Harhubnas 2020 di masa Pandemi Covid-19. 


Hal ini disampaikan Kepala KUPP Kelas II Tahuna Mocodompis Muhaling kepada sejumlah wartawan saat ditemui di ruang kerjanya. Dikatakannya, peringatan Harhubnas 2020 hanya dihadiri oleh para pegawai KUPP saja. 


“Dalam rangka Hari Perhubungan Nasional, kami selalu mengacu pada Kementerian Perhubungan. Sehingga dalam peringatan Harhubnas termasuk upacara itu semua dipusatkan di Kementerian. 


Dan yang hadir terbatas, sehingga di seluruh UPT hanya mengikuti secara live. Jadi seluruh pegawai KUPP Tahuna melaksanakannya diruangan tidak ada di lapangan. Karena dalam rangka mencegah penyebaran covid-19,” kata Muhaling. 


Disinggung tentang peranan KUPP Kelas II Tahuna dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19, khususnya di Pelabuhan Nusantara Tahuna, dirinya mengungkapkan bahwa setiap harinya KUPP bekerjasama dengan pihak terkait terus melakukan penyemprotan kepada barang atau kapal yang tiba di Pelabuhan Tahuna. 


“Jadi setiap harinya, kita berkoordinasi dengan pihak Lanal Tahuna. Dimana Danlanal Tahuna merupakan Ketua Angkutan Laut sesuai dengan instruksi dari Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe. Yakni dengan langkah-langkah setiap ada barang yang turun, kita akan semprot dengan cairan disinfektan. Serta melakukan pengecekan suhu tubuh bagi penumpang yang turun, dan didata riwayat perjalanannya,” jelasnya. 


Himbauan agar masyarakat Sangihe tetap mematuhi protokol kesehatan saat tiba di Pelabuhan Tahuna setelah berkunjung dari Manado terus dia sampaikan. 


“Kepada para penumpang yang tiba di Pelabuhan Tahuna atau juga saat berada di kapal ketika dalam pelayaran dari pelabuhan Manado ke Tahuna, saya himbau agar selalu mematuhi protokol kesehatan. Tetap memakai masker, dan menjaga jarak saat berada di kapal. Ini bertujuan agar kita terhindar dari penyebaran covid-19,” pungkasnya. 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020