Nelayan Mitra Akan Mudah Cari Ikan Dengan Alat Fish Finder Dari Dinas Perikanan

Vecky monigir
Kepala Dinas Perikanan Mitra Vecky Monigir ME.

RATAHAN — Menangkap ikan di laut secara manual kini mulai ditinggalkan. Berbagai usaha manusia untuk menangkap ikan di laut dengan mudah dan efektif bahkan ramah lingkungan, sudah mulai dikembangkan dan digunakan.

Salah satu cara untuk mencari dan menangkap ikan dengan ramah lingkungan di laut, yakni menggunakan alat pendeteksi ikan Fish Finder.

Dikatakan Kepala Dinas Perikanan Minahasa Tenggara (Mitra) Vecky Monigir ME, alat Fish Finder yang ramah lingkungan merupakan salah satu program inovatif, yang akan diberikan kepada kelompok nelayan pada Tahun 2020 ini.

“Banyak bantuan stimulan atau rangsangan dari Dinas Perikanan untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan bagi nelayan. Pada tahun-tahun sebelumnya ada kapal penangkap ikan sudah diserahkan. Dan pada Tahun 2020 ini kami akan membantu kelompok nelayan dengan alat Fish Finder,” ungkap Monigir.

Menurutnya alat Fish Finder tersebut memanfaatkan kecanggihan teknologi berupa bantuan satelit untuk melihat gerombolan ikan di laut agar mudah ditangkap.

“Ada harapan juga, dengan alat ini akan menghilangkan nelayan yang melakukan pengeboman ikan di laut. Karena alat ini sudah bisa mengetahui letak gerombolan ikan di laut,” tambahnya. (rfs)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020