Pemkab Mitra Gelar Musrenbang, Ini Kata Bupati James Sumendap

Musrenbang tingkat Kabupaten Mitra yang dibuka langsung oleh Bupati Mitra James Sumendap SH.

RATAHAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kabupaten (Musrenbang-Kab), di Gedung Sport Hall Kantor Bupati Mitra, Senin (25/3/2019).

Bupati James Sumendap pada kesempatan tersebut membuka secara resmi kegiatan untuk perencanaan pembangunan Mitra tersebut.

Sumendap menjelaskan, Musrenbang merupakan proses perencanaan pembangunan seperti yang diamanatkan oleh undang-undang.

“Dimana proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu, menurut Sumendap perencanaan pembangunan harus memperhatikan beberapa hal yakni, mewujudkan masyarkat Mitra sehat, cerdas, tangguh dan berdaya saing.

“Kita juga harus mengacu pada program prioritas. Kemudian dalam merumuskan suatu kebijakan pembangunan di Mitra harus sesuai visi-misi yakni Mitra berdaulat, berdikari dan berkepribadian,” sebutnya.

Ia juga mengingatkan kepada kepala-kepala SKPD untuk memegang filosofi di Kabupaten Mitra dalam Musrenbang.

“Saya ingatkan lagi untuk kepala SKPD agar memegang fisolofi kita yakni, anggarkan yang direncanakan dan rencanakan yang dibutuhkan,” terangnya.

Ditambahkan, walau perencanaan pembangunan di tahun sebelumnya masih banyak kekurangan, diharapkan di tahun ini bisa direncanakan dengan lebih matang lagi.

“Walau di tahun-tahun sebelumnya masih ada kekurangan dalam perencanan, namun di tahun ini saya harap kita mampu merumuskan beberapa kegiatan dan program strategis untuk pencapaian pembangunan Kabupaten Mitra,” tandasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wabub Drs Jesaja J O Legi, Ketua DPRD Marty Ole SMn, Sekda Drs Robby Ngongoloy ME MSi, para asisten, Forkopimda, staf khusus bupati Drs Jeremia Damongilala MSi, Kabid Monitoring dan Evaluasi BAPPEDA Sulut Ir Dani Karouw MT, Plt Kepala BAPPEDA Mitra Dr Grace Oroh MPd.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan berita acara musrembang antara Bupati, Ketua DPRD, Wakil Bupati, Sekda, BAPPEDA Sulut, unsur perempuan, tokoh agama, delegasi kecamatan dan LSM. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020