Pemkab Sangihe Siapkan Dana Bantuan, Untuk Gratiskan Rekening Air Selama Tiga Bulan

Kaban BPBD Kabupaten Kepulauan Sangihe Ir Rico Pudihang.

Tahuna- Terobosan Pemerintah Daerah dalam penanggulangan dampak Covid-19 bagi masyarakat lebih khusus masyarakat berpenghasilan rendah dengan mengratiskan rekening air selama tiga bulan, saat ini
terus berproses. Dimana, kurang lebih Rp 1 miliar akan disiapkan pemerintah dalam penalangan pembayaran rekening air PDAM.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe yang juga selaku Sekertaris Tim Gugus, Ir Rivo Pudihang dikonfirmasi membenarkan telah menerima surat dari PDAM dalam Kolaborasi penanganan dampak virus corona. Khusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah kata Pudihang, diberikan kemudahan, tidak membayar rekening air sebagai bentuk perhatian pemerintah selain bantuan social berupa bantuan bahan kebutuhan pokok.

“jadi ada surat dari Direktur PDAM pada Gugus Tugas dan ini akan dipelajari mekanismenya ke peraturan yang mendukung sehingga hal- hal itu bisa disesuaikan dengan kondisi apabila itu harus ditangani sebagaimana bantuan social lainnya. dan dalam hal ini pembayaran penalangan itu yang di usulkan dan saat ini sementara pembahasan antara OPD terkait yakni Badan Keuangan, Dinas Sosial dan kami dari BPBD sesuai mekanisme,” ujarnya.

Ditambahkannya, Pemerintah Daerah terlebih Tim Gugus Tugas bersama perangkat daerah teknis tengah mengkaji regulasi yang mendukung realisasi bantuan berupa talangan pembayaran rekening air bersih tersebut.

“Hanya soal waktu saja, namun  realisasi kedepan tetap dilakukan sesuai kemampuan daerah dalam penanganan Covid-19,” tandasnya. (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020