Presiden Jokowi ke Manado, GSVL Komitmen Selaras Program Nasional

LIPUTAN KHUSUS

Walikota GSVL Ikut Ratas Pariwisata Sulut di Pimpin Presiden di Bandara Sam Ratulangi

Setelah meninjau sejumlah infrastruktur pendukung dan destinasi pariwisata yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, Presiden Joko Widodo langsung memimpin rapat terbatas. Rapat yang membahas tentang pengembangan pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara tersebut digelar di ruang tunggu utama Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Kota Manado, Jumat, (5/7).

Rapat tersebut diikuti oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Staf Khusus Presiden Johan Budi,Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Walikota Manado, GS Vicky Lumentut serta Bupati/Walikota Se Sulut.

“Atas arahan Bapak Presiden, sehubungan pembangunan pariwisata di Sulawesi Utara, khususnya di Kota Manado, maka dalam Ratas tersebut sejumlah usulan pembangunan kami sampaikan dengan tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi agar terintegrasi dan hasilnya tentu akan lebih baik.” ujar Walikota seraya mengatakan sejumlah usulan insrakstuktur yang disampaikan dalam Ratas Pariwisata tersebut, diantaranya jalan dan jembatan termasuk sarana penunjang lainnya seperti listrik dan air bersih di Kepulauan Bunaken.

Kunjungan Bunaken, Walikota Jemput Presiden di Pelabuhan Manado

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali kegiatan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hari ini dengan menyambangi kawasan wisata Taman Laut Nasional Bunaken. Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana. Untuk menuju Taman Nasional Bunaken, Jokowi menempuh perjalanan laut dari dermaga di Kota Manado sekitar 40 menit. Jokowi menumpangi kapal wisata Bunaken Crystal 7 ‘Tanjung Pinang’.

Setibanya di dermaga Bunaken, Jokowi dan Iriana berpindah ke kapal yang memiliki kaca bening di tengahnya. Jokowi dan Iriana melihat langsung terumbu karang dan ikan yang melintas di bawah kapal. “Kita ingin lihat lapangan, ada sebuah potensi-potensi yang bagus, yang dipakai untuk pariwisata. Tapi memang ini adalah area konservasi yang juga harus hati-hati,” kata Jokowi, Jumat (05/07).

Jokowi mengatakan, pemerintah pusat akan mengerjakan pengembangan fasilitas wisata di Taman Nasional Bunaken. Termasuk penambahan kapal untuk wisata bawah laut. “Misalnya untuk melihat bawah laut tadi, kapalnya mungkin dari Kementerian Perhubungan juga akan ditambah. Saya kira ini potensi yang baik, tapi memang harus dirawat, dijaga, jangan sampai sampah plastik masuk ke sini,” kata Jokowi.

Setelah selesai, Jokowi kembali ke kapal Bunaken Crystal 7 untuk kembali ke Pelabuhan Manado. Setibanya di Pelabuhan Manado, dijemput Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, dan Walikota langsung mendampingi Presiden meninjau rencana pengembangan pengawasan terminal dan pelabuhan Manado.

Pelabuhan itu dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia IV. Sesaat sebelum meninggalkan pelabuhan, Jokowi dihampiri warga yang hendak bersalaman dan foto dengannya. Dalam kunjungan ini Jokowi juga didampingi sejumlah menteri, antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Walikota GSVL Hadiri Pemberian 2000 Sertifikat Gratis Oleh Presiden Jokowi Bagi Masyarakat Sulut

Presiden Joko Widodo membagikan 2.000 sertifikat tanah kepada warga di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), di Gedung Graha Bumi Beringin, Jln. Bumi Beringin, Kecamatan Wenang, Kota Manado, Kamis (4/7), yang dihadiri Walikota Manado GS Vicky Lumentut bersama Ketua TP PKK Kota Manado Julyeta PA Lumentut-Runtuwene.

“Saya senang apa yang disampaikan Pak Gubernur, biaya administrasi untuk sertifikat tanah yang sebenarnya kecil Rp200-300 ribu ditanggung gubernur karena biaya pembuatan sertifikatnya sudah ditanggung semuanya oleh pemerintah pusat, jadi administrasi kecil-kecil masa ditanggung pusat juga,” kata Presiden Joko Widodo. Yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Sementara itu, Walikota Manado, menyampaikan terimakasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo, yang telah memberikan sertifikat gratis kepada masyarakat Manado, ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam membantu usahanya. Serta berharap agar program sertifikat gratis dapat terus berlanjut diperiode kedua Bapak Presiden. Karena masih banyak masyarakat Kota Manado belum memiliki sertifikat.(swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020