Selalu Kabur dan Meresahkan, Dinsos Manado Rutin Tangani Orang Gila

Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Sammy Kaawoan bersama tim saat mengamankan Denny, saat ngetem di jalanan.

MANADO — Dinas sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado terus bekerja mengamankan para orang gila yang selalu berkeliaran di jalanan Kota Manado. Buktinya, tidak hanya gelandangan dan pengemis tapi orang gila yang yang meresahkan warga karena perbuatan yang tidak menyenangkan di di jalanan atau tempat umum, selalu di ditindaki sesuai dengan prosedur.

Baru-baru ini, Dinsos Manado melalui Bidang Rehabilitasi Sosial mengamankan salah satu orang gila bernama Denny Makamire (38), yang sulit sekali ditangani. Pasalnya, Denny saat diamankan oleh dinas sosial dan diantar ke rumah sakit Ratumbuysang, selalu kabur dan kemudian merasakan warga di jalan umum.

Sebab itu, Dinas Sosial Kota Manado mengambil penindakan kepada Denny yang sudah ketiga kalinya dilakukan. Apalagi, dari informasi yang diperoleh keluarga Denny tidak ada di Manado dan belum diketahui lebih pasti.

Tim Dinsos saat membawa Denny ke RS Ratumbuysang.

“Kami sudah melakukan penanganan yang sama sebanyak 3 kali tapi setelah itu yang bersangkutan selalu kabur dari rumah sakit dan meresahkan di jalan umum. Ketika mendapatkan laporan masyarakat ataupun pihak dinas sosial yang menemukannya di lapangan, langsung diamankan,” ujar Kabid Rehsos Paulina Tamara.

Sementara, Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Sammy Kaawoan mengatakan penindakan yang dilakukan sudah maksimal dan sesuai dengan prosedur. “Kami meminta kerjasama dan sinergitas yang solid antar lintas instansi agar penanganan kepada gelandangan pengemis dan bahkan orang gila bisa ditangani dengan cepat dan baik. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020