Taman Kota Ratahan Dicemari Sampah Plastik. Ini Kata Legi

Perlu kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Taman Kota Ratahan tampak dicemari sampah plastik.

RATAHAN — Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, masih sangat minim. Terbukti, Taman Kota Ratahan yang ditata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), untuk tempat rekreasi atau berkumpul terlihat dipenuhi sampah pasti.

Ditemui ditempat kerja, Plt Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Novie Legi ST, mengatakan akan segera membenahi apa-apa yang masih kurang.

“Memang masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, seperti membenahi tempat umum seperti Taman Kota Ratahan, agar terbebas dari sampah plastik,” ujar Legi.

Menurutnya dalam memberantas sampah plastik butuh peran serta dan kesadaran masyarakat, agar Kabupaten Mitra khususnya Ratahan bisa bebas sampah plastik.

“Pemerintah khususnya Pak Bupati James Sumendap, sudah berupaya keras menghilangkan sampah plastik dengan diawali dengan menghilangkan minuman kemasan plastik di lingkungan Pemkab Mitra. Dan itu sudah terealisasi,” sebutnya.

Namun, dalam lingkungan masyarakat penggunaan minuman kemasan plastik masih terus digunakan.

“Saya bisa pastikan sampah plastik yang ada di Taman Kota Ratahan tersebut, adalah ulah masyarakat yang belum sadar akan bahaya sampah plastik,” tuturnya.

Legi mengakui untuk kebersihan terutama Taman Kota Ratahan adalah tanggungjawab Dinas PRKP.

“Setelah melihat bahwa kebersihan taman kota Ratahan adalah tanggungjawab kami, maka secepatnya akan kami atasi permasalahan tersebut agar taman tersebut bisa terlihat indah lagi,” akunya. #82

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020