Walikota GSVL Buka Upacara Tawur Kesanga dan Festival Ogoh-Ogoh 2018

Walikota GSVL saat memukul gong tanda dimulainya festival ogoh-ogoh.
Walikota GSVL saat memukul gong tanda dimulainya festival ogoh-ogoh.

MANADO — Umat Hindu di Kota Manado melaksanakan upacara Tawur Kesanga yang dirangkai dengan Festival Ogoh-Ogoh 2018, di lapangan Sparta Tikala Manado, Jumat (16/3).

Tak lupa, Walikota Manado GS Vicky Lumentut turut menghadiri kegiatan tersebut yang didampingi Sekretaris Daerah Rum Usulu, Ketua BKSAUA Kota Manado Pdt Roy Lengkong STh.

Walikota Vicky Lumentut dalam sambutannya mengingatkan umat Hindu di Kota Manado untuk terus memperkuat kerukunan antar umat beragama serta menjadikan Manado sebagai rumah bersama.

“Dengan perayaan Nyepi ini, saya mengajak umat Hindu di Kota Manado untuk terus memantapkan kehidupan yang rukun di Kota Manado dengan terus menjaga dan memelihara nilai-nilai toleransi,” tukas Walikota Vicky Lumentut.

Sementara, Ketua PHDI Kota Manad Ida Bagus Ketut Alit mengatakan Tawur Kesanga bermakna manusia mengendalikan sifat-sifat buruknya dengan mempersembahkan berbagai sajian kepada alam semesta.

“Upacara Tawur Kesanga pada hari ini yakni untuk menangkal aura negatif sebelum kita merayakan Hari Raya Nyepi dimana umat Hindu menjalani Catur Brata Penyepian pada besok hari,” terang Ketut Alit.

Usai upacara dilanjutkan dengan Festival Ogoh-Ogoh 2018 yang dibuka Walikota Vicky Lumentut dengan memukul gong. (Stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020