BKIPM Tahuna Transplantasi Karang di Teluk Tahuna

Manadoline.com, Tahuna- BKIPM (Badan Karantina Ikan dan Pengawasan Mutu) Tahuna melakukan Transplantasi Karang di Pelabuhan Tua Tahuna Rabu (19/05/2021) yang dibuka langsung Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana. 


Setelah membuka kegiatan Transplantasi, Bupati Jabes mengatakan jika kegiatan ini sangat diapresiasi oleh pemerintah daerah. Karena merupakan wujud tanggungjawab bersama menjaga terumbu karang. 


“Hari ini kita hadir mensukseskan program dari Kantor Karantina Sangihe (BKIPM) yang skala nasional untuk transplantasi terumbu karang. Kita melepaskan terumbu karang ini menjadi bagian daripada tanggungjawab bersama menjaganya,” katanya. 


“Kita berharap dengan adanya penanaman terumbu karang ini, spot-spot pariwisata di Sangihe ini semakin banyak dan semakin disenangi oleh masyarakat pengunjung pariwisata yang ada di Sangihe,” sambung Bupati. 


Sementara itu Kepala Kantor Stasiun Badan Karantina Ikan dan Pengawasan Mutu (BKIPM) Tahuna Geric Lumiu menyampaikan jika transplantasi karang merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di Tahun 2021.


“Kami melaksanakan beberapa kegiatan, yakni yang pertama BKIPM Peduli melalui kegiatan transplantasi karang pada hari ini. Yang kedua melakukan penebaran ikan indemik di Rawa Towo’e. Dan selanjutnya kami juga akan melakukan kegiatan sosial pembagian ikan sehat bermutu kepada masyarakat yang akan direncanakan besok di kantor BKIPM Tahuna. Ketiga adalah BKIPM Peduli Pelayanan Publik yang akan dilaksanakan selama 5 hari,” jelasnya. 


Diungkapkannya kegiatan transplantasi ini merupakan bagian dari koordinasi BKIPM Tahuna dengan para penyelam Sangihe yang bertujuan dapat berdampak pada sektor pariwisata dan ekonomi di Kabupaten Kepulauan Sangihe. 


“Di samping kanan dan kiri Pelabuhan Tua Tahuna sudah ada transplantasi karang yang dilakukan Lanal Tahuna bersama komunitas penyelam Sangihe. Kami melanjutkan yang sudah ada, lalu di sini kan ada spot Kapal yang tenggelam. Jadi kami membuat semacam penunjuk arah, ada semacam anak panah dari 15 paket yang ada. Menunjuk arah ke kapal yang tenggelam. Berharap ini menjadi spot menyelam karena tempatnya dekat dan mudah dijangkau jika ada yang mau menyelam,” pungkasnya. 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020