DPRD Sangihe Gelar Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

Manadoline.com, Tahuna- Meningkatkan cakupan layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), digelar sosialisasi di gedung DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang dihadiri Bupati  Jabes E Gaghana SE ME diterima langsung oleh Ketua DPRD Josephus Kakondo BAE. 


Ketua DPRD dalam arahannya mengatakan, Program BPJS Ketenagakerjaan dinilai sangat strategis dalam memberikan jaminan terhadap para pekerja, khususnya sebagai refesentasi rakyat di DPRD. Selain memberi apresiasi, Kakondo menegaskan selaku DPRD sangat mendukung program BPJS Ketenagakerjaan sehingga semua anggota dapatkan fasilitas.


“Kita yang hadir disini tentu merupakan refesentasi daripada semua anggota DPRD yang kebetulan melaksanakan tugas masing-masing di tempat lain, tentunya pimpinan berharap bahwa hal-hal yang menjadi materi program sosialisasi ini bisa berkembang dengan dinamis bisa ada dialog. Tentunya juga  kami berharap bahwa ada kiat-kiat tertentu tidak sekedar normatif sehingga program ini bisa berjalan dengan mulus di level yang membutuhkan,” ucapnya. 


Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Utara, Mince Watu mengatakan dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan mencakup empat aspek, yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun. Program BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu bentuk interfensi pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan.


“Sedikit saya laporkan kepada bapak Bupati dan Ketua DPRD untuk perlindungan kepada para pekerja yang ada di Kabupaten Sangihe sampai saat ini untuk para pekerja yang bekerja pada badan usaha dan juga toko dan sebagainya itu jumlahnya sudah pada angka 90% lebih dari 90%,” jelasnya.


“Tetapi untuk perlindungan kepada pekerja yang bukan penerima upah baru pada angka 14% sedangkan untuk perlindungan kepda para pekerja konstruksi yang melakukan pekerjaan konstruksi di setiap ada proyek itu baru pada anga 1,4% di Kabupaten Sangihe dan ini sangat kecil di Sulawesi Utara,” sambungnya. 


Rangkaian sosialisasi yang dilaksanakan di gedung rapat DPRD Sangihe, diserahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi Bupati dan Ketua DPRD, agenda tersebut tidak saja dihadiri anggota legislatif namun semua ASN dan THL di Sekertariat DPRD Sangihe. 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020