Bitung Tuan Rumah Gernas Pilah Sampah Dari Rumah

Gerakan Pilah Sampah dipusatkan di Kota Bitung. (Foto: HMP)

BITUNG – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, menetapkan Kota Bitung sebagai tuan rumah pelaksaan Gerakan Nasional (Gernas) Pilah Sampah Dari Rumah. Demikian dikatakan Kabag Humas dan Protokol Pemkot Bitung, Albert Sergius, Kamis (19/09/2019).

Menurut Sergius, untuk Sulawesi, Kota Bitung yang dipilih sebagai daerah perwakilan pelaksanaan Gernas Pilah Sampah Dari Rumah, sesuai keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. “Dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Sulawesi, Kota Bitung yang ditetapkan sebagai tuan rumah,” ujar Sergius.

Kegiatan Gernas Pilah Sampah Dari Rumah, lanjut Sergius, akan digelar serentak di lima lokasi berbeda pada 21 September 2019. “Kota Bitung sebagai salah satu perwakilan di Sulawesi dari lima lokasi launching Gerakan Nasional Pilah Sampah Dari Rumah pada hari sabtu 21 september 2019 mendatang. Dan Gerakan Pilah Sampah merupakan lanjutan dari Gerakan Minim Sampah yang sudah terlihat masif di masyarakat, guna memastikan sampah yang tidak terkurangi dapat dipilah, dikumpulkan dan diangkut ke tempat pengolahan dan pemrosesan akhir,” terang Sergius.

Lanjut Sergius, kegiatan itu akan digelar bersamaan dengan pelaksanaan Car Free Day, dirangkaikan dengan peringatan Haornas dan World Clean Up Day 2019. “Diharapkan kehadiran dari masyarakat Kota Bitung pada kegiatan launching program pilah sampah nanti,” ujarnya.

Masih menurut Sergius, tujuan program untuk revolusi mental pengelolaan sampah dengan merubah perilaku, sehingga tidak terus menggantungkan kepada petugas kebersihan, tetapi masyarakat harus mengambil tanggungjawab untuk menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri, rumah sendiri dengan menerapkan prinsip mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah atau prinsip 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) di tempat masing-masing.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020