Bupati Mitra Harap Opini WTP Dipertahankan

Bupati James Sumendap SH memberikan penyampaian terkait Laporan
Bupati James Sumendap SH memberikan penyampaian terkait Laporan
Bupati James Sumendap SH memberikan sambutan terkait Laporan Keuangan Pemkab Mitra

RATAHAN — Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH mengungkapkan keinginannya agar opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dapat dipertahankan. Dikatakan bupati saat membuka rapat Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra, Selasa (14/2).

“Besar keinginan saya dan seluruh masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara agar opini WTP yang mampu kita raih pada tahun sebelumnya dapat dipertahankan,” kata Sumendap di Hotel Sintesa Peninsula Manado, didampingi Sekretaris Daerah Ir Farry Liwe MSc.

Bupati James Sumendap SH didampingi Sekda Farry Liwe
Bupati James Sumendap SH didampingi Sekda Farry Liwe menyampaikan perlu kerja keras untuk mempertahankan Opini WTP

Ia menuturkan, untuk mempertahankan hasil tersebut perlu kerja keras, dan kerjasama tim dari seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) di masing-masing instansi. “Untuk itu dalam penyusunan laporan keuangan ini, kita buktikan bahwa kerja keras kita akan membuahkan hasil yaitu mempertahankan opini WTP,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut bupati meminta, agar penyusunan laporan keuangan, dapat disusun sesuai dengan penggunaan anggaran yang telah direalisasikan, pada tahun anggaran sebelumnya. “Kiranya dalam penyusunan laporan ini tanpa ada masalah, sehingga tidak terjadi temuan dari BPK,” terang Sumendap.

Sementara itu Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Mitra Mecky Tumimomor menambahkan, penyusunan laporan keuangan akan disusun setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sebelum disampaikan ke BPK.

“Kita targetkan sebelum akhir Maret sudah dirampungkan dan disampaikan ke BPK. Karena sesuai ketentuan, laporan keuangan pemerintah daerah wajib dimasukan tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir,” katanya.

Ia pun memintakan kerjasama dari seluruh SKPD untuk menyelesaikan penyusunan laporan keuangan tersebut. “Diharapkan kerjasama dari semua SKPD untuk bisa merampungkan semua laporan keuangan,” ujar Tumimomor. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020