First Lady Bitung Ajak Warga Ba'donor

(Ketua PMI Kota Bitung Ny. Khouni Lomban Rawung)
(Ketua PMI Kota Bitung Ny. Khouni Lomban Rawung)

 

BITUNG – Tingginya angka kebutuhan masyarakat terhadap ketersediaan darah, mendapat perhatian serius First Lady Bitung Ny. Khouni Lomban Rawung. “Seringkali warga mengalami kesulitan ketika sanak keluarga kritis dan membutuhkan transfusi darah, sehingga kegiatan donor darah perlu dilakukan,” ungkap Rawung yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Bitung.

Lebih jauh dikatakan, kegiatan donor darah akan dilakukan dari lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). “Pemenuhan ketersediaan darah sangat penting. Maka di samping Aparatur Sipil Negara, kesadaran warga juga perlu digalakan, mulai dari TNI/ Polri hingga organisasi kepemudaan bahkan sampai keseluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan Rawung, saat ini ketersediaan darah yang ada berdasarkan data Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Provinsi Sulawesi Utara per 11 April 2017, untuk Golongan Darah A ada 6 kantong, Golongan darah B tersedia 8 kantong, Golongan darah O 16 kantong, sedangkan untuk Golongan darah AB tersedia 13 kantong. “Ini masih sangat kurang dibandingkan dengan kebutuhan darah dari masyarakat Sulut khususnya Kota Bitung yang masih sangat tinggi,” tandasnya.

Untuk itu, guna memenuhi kebutuhan stock darah, PMI Kota Bitung merencanakan kegiatan donor darah kerja sama Pemkot Bitung pada Rabu ¬†12 April mendatang, ¬†pukul 09.00 Wita di Balai Pertemuan Umum (BPU) kantor Walikota Bitung. “Diharapkan seluruh masyarakat Bitung baik ASN, TNI/Polri, siswa maupun mahasiswa untuk ikut dalam gerakan donor darah dengan mengajak teman dan keluarga demi menolong sesama,” kata Rawung didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Pemkot Bitung Pingkan Kapoh.(hry).