GSVL Bertemu Pjs Gubernur Sulut, Laporkan Status Covid-19 dan Kesiapan Pilkada di Manado

Walikota GS Vicky Lumentut saat bertemu Pjs Gubernur Sulut, Agus Fatoni yang didampingi Sekprov Edwin Silangen dan pejabat eselon II Pemprov Sulut.

MANADO — Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) berkesempatan tatap muka bersama Pjs Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), DR. Agus Fatoni dan menyampaikan kondisi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tengah pandemi covid-19, yang didampingi Sekretaris Provinsi Sulut, Edwin Silangen dan beberapa pejabat Eselon II Pemprov Sulut, bertempat di kantor Gubernur, Rabu (14/10).

Dalam kesempatan itu, GSVL menyebutkan bahwa Kota Manado saat ini ada di zona orange dan bersama jajaran terus melakukan langkah percepatan penanggulangan bekerja sama dengan Forkopimda untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Selain itu, rutin turun kelapangan mengajak masyarakat bergotong-royong memutus mata rantai Covid-19 dan berharap ketetapan dari zona orange saat ini akan bergeser ke zona kuning dan bahkan zona hijau.

GSVL membeberkan bahwa langkah yang sudah dilakukan saat ini dalam penanggulangan percepatan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, diantaranya : Pembentukan Satgas Covid-19 di Setiap Lingkungan di Kota Manado, Sosialisasi Peran Perempuan Dalam Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 di setiap Kelurahan, Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi lewat program Marijo Ba Kobong dan Budidaya Ikan Air Laut.

“Program ini menciptakan sumber pendapatan baru masyarakat di masa sulit pandemi saat ini,” jelas GSVL membeberkan.

Lanjut dikatakan, selain itu juga telah menerbitkan Peraturan Walikota Nomor 24 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakkan Aturan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus disease di Kota Manado. Yang mana, untuk melaksanakan ketentuan dalam Diktum kedua angka 6 Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease.

Tambahnya, Pemerintah Kota Manado juga telah menyelenggarakan Fokus Group Discussion pemutakhiran data pemilih dalam upaya membantu KPUD Kota Manado guna pemuktahiran data DP4 Kota Manado. Tujuannya menyandingkan data pemilih dengan pemutakhiran data sehingga terjadi persamaan persepsi antara pemerintah dengan penyelenggara.

“Kami menyatukan langkah kita, menyatukan pandangan kita terhadap bagaimana memutus rantai penularan Covid-19 sampai pada penyelenggaraan Pilkada pada 9 Desember 2020,” sebut Walikota.

GSVL berkeyakinan bahwa Pilkada 9 Desember 2020 ini, bisa terselenggara dengan baik, dengan harapan dari tahapan ke tahapan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Paling minimal ada gerakan untuk bagaimana mensosialisasikan budaya 4M, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan. Selayaknya orang beriman, mari kita tingkatkan ibadah dan iman percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa,” terangnya.

Sementara, Pjs Gubernur, Agus Fatoni, menyampaikan terimakasih dan dukungan kepada Walikota Manado bersama jajarannya yang sungguh-sungguh dalam penanggulangan percepatan memutus mata rantai covid-19 dan persiapan Pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang, yang tahapannya sudah berjalan dengan baik sekarang ini. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020