Gubernur OD Hadiri Stunting Summit 2018, Ini Kata Wapres Soal Balita Gagal Tumbuh

(Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Wapres Jusuf Kalla dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja Jokowi saat Stunting Summit 2018 di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (28/3/2018) (foto:Ist)

JAKARTA– Pertemuan puncak pelaksanaan Stunting Summit 2018, dibuka Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla, dihadiri Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE, dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja Jokowi di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (28/3/2018.)

Dimana Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada Balita diakibatkan kekurangan gizi kronis pada 1000 hari pertama kehidupan dari Janin hingga dua tahun, yang disebabkan karna asupan gizi yang kurang sehingga mengakibatkan anak tumbuh berbadan kerdil dari anak se usianya maupun berat badan rendah dan tumbuh tulang tertunda.

Wapres Jusuf Kalla, dalam sambutan, menegaskan bahwa kondisi stunting kadang terjadi karna faktor kemiskinan, sehingga gizi tak tercukupi dan berdampak pada kecerdasan rendah, disamping itu pula kondisi ini dapat terjadi pada keluarga mampu yang disebabkan oleh pola asuh yang salah atau tidak memperhatikan keseimbangan gizi.

“Untuk itu diperlukan program terobosan untuk menurunkan serta memutuskan mata rantai terjadinya stunting bagi anak Indonesia,”ujar Wapres RI sebagaimana dikutip Kaban Penghubung Daerah Pemprov Sulut Roy RL Saroinsong SH di sela acara pembukaan.

Lebih jauh dikatakan Orang Nomor Dua di Republik Indonesia ini, bahwa penyebab Stunting ada tiga hal keliru semisal; pola asupan gizi, sanitasi dan pengaruh pola asuh yang salah.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey di sela pertemuan berlangsung turut larut bersama para Menteri Kabinet Kerja diantaranya Menteri PPN/Kepala Bappenas RI Prof Bambang Brodjonegoro, Menteri Kesehatan RI Prof Dr Nila Djuwita F Moeloek, Menteri Percepatan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Eko Putro Sandjojo. (srikandi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020