Gunakan Antrian Online dan CTS, Oehlers : Kejar Industri 4.0, Layanan Dukcapil Harus Upgrade

Kadis Capil Kota Manado Julises Oehlers

MANADO – Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) saat ini sudah ‘upgrade’ sistem layanan berbasis teknologi, mengimbangi perkembangan teknologi industry 4.0.

Dimana, saat ini selain sudah berlakukan sistem antrian online, Dukcapil Manado juga sudah menerapkan layanan pengurusan Kartu Keluarga, KTP, Surat Pindah dan lainnya, dengan aplikasi kontroler yang bernama Control Tracking System (CTS), yang pada operasinya juga sudah bisa menggunakan tanda tangan online.

“Beberapa tahun belakangan jelas terlihat layanan di Dukcapil Manado bahkan sampai kelabakan, sistem atrian yang panjang, dan beberapa kerumitan lain yang mengganggu lancarnya penyelesaian dokumen pengurusan di Dukcapil. Sebab itu, untuk mempermudah layanan, saat ini kami sudah menggunakan sistem antrian online dan CTS, yang tentunya sangat berdampak baik bagi pengurusan administasi yang ada,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Manado Julises Oehlers.

Ditambahkan, dengan adanya sistem antrian online dan CTS, masyarakat sudah tidak perlu lagi datang berlelah-lelah menunggu penyelesaian di Kantor Dukcapil. Cukup menunggu saja di rumah dan memantau sejauh mana proses pelayanan dilakukan, melalui CTS yang bisa diakses melalui internet.

“Bahkan sampai tanggal 10 Juni sudah hampir full antrian, dikarenakan warga sudah memesan nomor antrian lewat sistem online. Selanjutnya, setelah penyerahan berkas dan berproses, warga siswa memantaunya di website, sejauh mana dokumen tersebut dikerjakan. Dan bila sudah selesai, selaku kepala Dinas yang diberikan kepercayaan memegang password, bisa memberika tanda tangan secara online,” ucap Oehlers.

Pungkasnya, selain memberikan pelayanan yang maksimal, sistem layanan berbasis teknologi ini juga merupakan wujud komitmen dalam membangun daerah menuju industry 4.0. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020