Hadiri Rakernas XIII APEKSI di Tarakan, Walikota Vicky Lumentut : Permintaan Presiden Jokowi Dibahas

Foto bersama Walikota se-Indonesia bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) DR Soni Sumarsono.
Foto bersama Walikota se-Indonesia bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) DR Soni Sumarsono.

TARAKAN – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XIII tahun 2018 dan Indonesia City Expo (ICE) 2018 ke-16 di Kota Tarakan dibuka, bertempat di Kayan Multifunction Hall Tarakan Plaza, Rabu (25/7) pagi tadi.

Dalam kesempatan itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) DR Soni Sumarsono MDM mewakili Menteri Dalam Negeri membuka secara resmi penyelenggaraan Rakernas dan ICE 2018.

Didampingi Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang juga Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Ketua Dewan Pengawas APEKSI yang juga Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia yang juga Gubernur Jawa Timur DR H Sukarwo, Walikota Tarakan Ir Sofian Raga MSi, Dirjen Otda Soni Sumarsono memukul gong tanda dimulainya Rakernas APEKSI XIII yang berlangsung 24-26 Juli 2018.

Dirjen Otda Soni Sumarsono memukul gong tanda dimulainya Rakernas APEKSI XIII yang berlangsung 24-26 Juli 2018.

Rakernas XIII APEKSI di Tarakan ini mengangkat tema sentral penguatan kerja sama antar daerah dalam mengoptimalkan potensi daerah. Dalam sambutannya, Dirjen Sumarsono mengingatkan Rakernas APEKSI tidak sekedar membahas berbagai isu yang berkembang dalam pemerintahan, namun menjadi ajang silaturahmi antar Walikota se-Indonesia.

“Rakernas ini saya kira sebagai tempat kita bertemu dan menjalin silaturahmi sesama Walikota se-Indonesia. Kalau di Sulawesi Utara ada yang namanya kita semua bersaudara atau torang samua basudara atau torang samua ciptaan Tuhan. Berarti menjaga hubungan yang baik antara sesama kita juga dengan Tuhan Yang Maha Esa. Disini, kita saling berbagi pengalaman bagaimana mengelola pemerintahan,” tukas Sumarsono, sambil menyapa Walikota Vicky Lumentut, mantan Ketua APEKSI yang sekarang menjadi Ketua Dewan Pengawas APEKSI.

Sebanyak 96 Walikota dari 98 anggota APEKSI hadir di Tarakan. Kehadiran mereka untuk menelorkan berbagai rekomendasi yang akan disampaikan kepada pemerintah pusat.

“Perlu adanya koordinasi dan sinergitas yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kota,” ujar Ketua APEKSI Airin Rachmi Diany.

Sementara, Walikota Vicky Lumentut mengatakan Rakernas APEKSI XIII di Tarakan ini akan membahas pula permintaan Presiden Joko Widodo saat pertemuan dengan para Walikota di Istana Kepresidenan Bogor, Senin lalu.

“Sebelum Rakernas di Tarakan ini, kami telah diundang Preaiden Jokowi di Istana Bogor. Sehingga, dalam Rakernas kali ini, apa yang menjadi permintaan Pak Presiden akan dibahas disini. Salah satunya, permasalahan yang dihadapi pemerintah daerah yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi lokal di daerah,” tukas Walikota Vicky Lumentut.

Rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI XIII di Kota Tarakan, selain diskusi panel, juga dilaksanakan penanaman pohon khas 98 kota anggota APEKSI, pawai budaya, City Expo dan Ladies program.

Turut mendampingi Walikota Lumentut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Mikler Lakat SH MH dan Kabag Pemerintahan Humas Steven Runtuwene SSos.(pemhum/will).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020