HH Buka TMMD Ke 106 di Papunuhung Santiago Tampungang Lawo

Wakil Bupati Helmut Hontong bersama Danrem 131 Santiago Brigjen Joseph Robert Giri, Wakapolres Haris O Bingku dan perwakilan peserta Pembukaan TMMD Ke 106.

Tahuna— Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, HelmudHontong SE (HH), Selasa (01/10) jadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Kesaktian Pancasila sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Tentara Manunggal  Membangun Desa (TMMD) Ke-106 di lapangan  Papanuhung Santiago Tampungang Lawo.

Dalam sambutanya HH mengatakan, TMMD yang digelar di  wilayah Teritorial Kodim 1301/Sangihe digelar dengan tujuan, percepatan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Sangihe.

“Terima kasih kepada Danrem 131 Santiago karena telah mengalokasikankegiatan TMMD boleh dilaksanakan di wilayah Sangihe, Kegiatan TMMD ini adalah salah satu bentuk pengabdian TNI kepada rakyat bahwa TNI itu dari  rakyat untuk rakyat dan bertujuan untuk menciptakan kemanunggalan TNI  dengan Rakyat” ucapnya. 

Lanjutnya, kiranya program program yang sudah direncanakan oleh TNI dapat  terlaksana dengan baik, dan bermanfaat bagi masyarakat diKabupaten Kepulauan Sangihe.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Helmut Hontong saat menjadi Inspektur Upacara Pembukaan TMMD Ke 106.

“Kiranya melalui kegiatan program TMMD ini dan seterusnya akan semakin membangun kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan unsur TNIuntuk  semakin giat dalam membangun bangsa dan negara yang dimulaipembangunan di  daerah-daerah. Selamat dan sukses untuk program TMMD tahun 2019 Tuhan  senantiasa memberkati Tentara Nasional Indonesia dalam melaksanakan tugas  dan tanggung jawab” ungkap Wabup.

Sementara itu Danrem 131/Santiago, Brigadir Jenderal Joseph Robert Giri SIP M Si ditemui usai pelaksanakan upacara mengatakan, TMMD ini dibuka dengan beberapa tujuan. Jadi tujuan utama  dilaksanakanya kegiatan ini sebenarnya hanya manunggal dengan rakyat. Sedangkan untuk kegiatan kata Robert, dibagi dengan dua sesi yaitu kegiatanfisik dan kegiatan non fisik.

“Tetapi kegiatan yang paling penting disini adalah bukan kegiatan fisiknya,  tetapi kegiatan non fisik. Dimana sasaran utama kita adalah membangun  bagaimana kesadaran bela negara,” katanya.

Dirinya pun berharap kedepan daerah Kabupaten Sangihe akan semakinmaju,  semakin sejahterah. Serta dirinya mengucapkan banyak terima kasih terhadap  Pemkab Sangihe. Dimana, sejauh ini sudah banyak mendukung terkait program TNI.

“Saya pribadi mengatasnamakan TNI mengucapkan terimakasih kepadaPemkab  Sangihe dan seluruh jajaranya, yang mana sudah memfasilitasi atau  mengakomodir kegiatan ini, sehingga berlangsung dengan baik dan kepada  masyarakat Sangihe telah berpartisipasi,” ujarnya.

Komandan Kodim 1301/Sangihe, Letkol Inf Saiful Parenrengi, M.Psiselaku Dan Satgas TMMD dan wakil Bupati Bapak Helmud Hontong, SEmenandatangani naskah TMMD ke 106, pembangunan jalan sepanjang  2250 m,lebar 8 m dan pembangunan rumah tiga pilar disaksikan oleh Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri, SIP MSI.

“Penandatanganan naskah ini adalah salah satu bukti kerjasama antara Kodim  1301/Sangihe dengan PemKab Sangihe dalam hal percepatanpembangunan daerah  terpencil dalam hal ini pembangunan jalan dan rumah tiga pilar” ujar Dandim.

Sementara terpantau Pembukaan TMMD ke-106 yang digelar di wilayah Teritorial Kodim  1301/ Sangihe TA 2019, diisi dengan kegiatan Bakti Sosial berupa pelayanan KB, Donor darah, pengobatan gratis, pembagian 200 paket sembako gratis. (Zul)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020