Ikut Arahan Presiden, Walikota GSVL Ajak Masyarakat Sambut Era New Normal

Presiden Joko Widodo dan Walikota Manado GS Vicky Lumentut

MANADO — Walikota Manado GS Vicky Lumentut dengan seksama memperhatikan penanganan wabah Covid-19 dari berbagai aspek kemanusiaan, selaras dengan rancangan penanganan yang dilakukan Pemerintah Pusat.

Yang mana, era new normal telah disetujui Pemerintah Pusat untuk diberlakukan, tapi dengan perlahan diuji coba ke beberapa sektor seperti kawasan perbelanjaan, pariwisata, dan lainnya.

Menurut Walikota, dalam menghadapi era new normal, masyarakat harus lebih peka untuk tetap sehat, dengan melaksanakan protokol kesehatan Covid-19, yaitu jaga jarak, pakai masker dan rajin cuci tangan meski tetap beraktivitas seperti biasa.

Sementara itu, Presiden sebelumnya menugaskan Gugus Tugas untuk melakukan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh pemerintah, baik tingkat provinsi, kabupaten, dan kota terkait Kenormalan Baru.

“Khususnya dalam rangka pelonggaran atau pemberian kesempatan kepada daerah-daerah untuk membuka sektor-sektor tertentu secara bertahap berlanjut,” ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, mengikuti arahan Presiden.

Menurut Ketua Gugus Tugas, new normal sangat ditentukan oleh perkembangan yang terjadi di seluruh daerah. Yang mana, telah disampaikan juga oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas bahwa data-data sangat fluktuatif, artinya bisa dibuka tetapi ketika nanti terjadi kasus baru, bisa saja tempat atau kota yang tadi telah dibuka ditutup kembali.

Lebih lanjut, Ketua Gugus Tugas sampaikan terkait dengan protokol menuju new normal, Presiden dalam berbagai kesempatan selalu mengingatkan agar kegiatan ini berorientasi kepada protokol kesehatan yang ketat.

“Masyarakat harus produktif namun tetap aman dari Covid-19. Oleh karenanya, berbagai langkah dan upaya telah dilakukan dalam beberapa bulan terakhir khususnya sejak tanggal 13 Maret 2020 ketika dimulainya kegiatan untuk mengatasi Covid-19,” jelas Ketua Gugus Tugas.

Lanjut dikatakan, sesuai arahan Presiden, bahwa kita semua belum tahu dan sampai kapan Covid-19 ini berada di muka bumi. Kita pun belum bisa memutuskannya. Oleh karenanya, kita tetap harus mempersiapkan diri, kita tidak boleh lengah. Bapak Presiden mengatakan tidak boleh kendor.

“Kita semua harus bisa adaptif dengan Covid-19 dan tetap harus menjaga tidak terpapar, tetapi juga harus mampu beraktivitas,” pungkasnya. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020