Jabatan Sekda Sangihe Jadi “Rebutan”, Sejak Ditinggal Roring

Mantan Sekda Kabupaten Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME.

Tahuna— Posisi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang kosong sejak ditinggalkan oleh Edwin Roring SE ME,  menjadi “Rebutan” saat ini. Seperti jamur di musim hujan, kini banyak bermunculan nama-nama yang didaulat layak untuk mengisi jabatan tersebut. 


Saling menjagokan pilihannya terhadap salah satu pejabat, yang dianggap punya kemampuan mumpuni sebagai pengganti Edwin Dorong makin viral di dunia Media sosial, membuat sejumlah tokoh masyarakat mulai angkat bicara.

Seperti yang dikatakan Tarkus Tampungan kepada media ini, menyikapi jabatan Sekda yang ramai diperbincangkan. Dikatakannya, mestinya pimpinan daerah dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati harus lebih teliti dalam menentukan pejabat untuk dipromosikan sebagai Sekda.

“Jadi mestinya pimpinan Daerah harus lebih teliti dan bijak menentukan siapa yang akan di pilih untuk menjabat sebagai Sekda. Jangan hanya kedekatan atau balas budi,” katanya.

Apalagi bebernya, tidak sedikit pejabat yang lebih senior di pemerintahan Kabupaten Sangihe yang semestinya, merekalah yang harus diusulkan sebagai Sekda Kabupaten Kepulauan Sangihe. 

“Kalau saya lihat sekarang ini masih ada senior di Pemkab Sangihe. Sebut saja masih ada Olden Lahamendu, kesenioran dia masih melekat dan
dia (Lahamendu) sudah lama di birokrasi. Juga ada nama Irklis Sombonaung dan Dra Olga Makasidamo. Dan kalau boleh jujur yang paling tepat adalah Irklis Sombonaung, sebab sudah berkecimpung dalam birokrasi sudah lama
 mulai dari jabatan Camat, Kabag, Kadis serta Asisten. Dan ini yang mestinya diberi kesempatan,” ujar Om Tarkus sapaan akrabnya.

Dia pun meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati untuk tidak memaksakan pejabat yang pangkatnya belum memenuhi kriteria.

“Kalau memang mau ambil anak daerah harus yang memenuhi kriteria. mulai dari kepangkatan dan lainnya. Namun demikian, kita tidak tahu dengan pola Gubernur yang notabene pengambil keputusan. Karena pengalaman lalu, dua kali usulan Sekda oleh Pemkab Sangihe yang di pilih pejabat dari luar. Yang pasti siapapun yang di usul oleh Pemkab Sangihe asalkan sesuai, kami berkeyakinan Gubernur akan menerima nama tersebut,” pungkasnya.

Untuk diketahui saat ini nama Hery Wolf dipercayakan Bupati untuk menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) dan mengusulkan nama tersebut menjadi Pelaksana Tugas (Plt) dan berharap menjadi Sekda definitive.
(Zul)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020