Komisi I Apresiasi Program Pemkab Sangihe

MANADO-Komisi I DPRD Sulut melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sangihe.

Komisi I DPRD Sulut saat berkunjung ke DPRD Sulut. 

Dijelaskan Ketua Komisi I Ferdinand Mewengkang, sejak dipimpin oleh Bupati Jabes Gaghana dan Wakil Bupati Helmud Hontong, penyelenggaraan pemerintahan di Pemkab Sangihe berjalan dengan baik.

“Saat kami berkunjung ke Pemkab Sangihe, banyak perubahan yang kita lihat, terutama dalam hal pemerintahan khususnya aspek pelayanan publik,” jelas Mewengkang.

Lanjut Mewengkang, dslan pertemuan dengan bupati dan wakil bupati, Komisi I memberikan apresiasi atas program kegiatan “Ba Daseng” yang dilakukan oleh Pemkab Sangihe tersebut langsung menyentuh ke masyarakat.

“Jadi, bupati dan wakil bupati bersama SKPD datang ke suatu wilayah baik itu yang berada di kepulauan ataupun di daratan. Mereka memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Kami berpendapat ini suatu langkah maju. Dan saya pikir program kegiatan tersebut belum dilakukan oleh kabupaten yang lain,” ungjkapnya.

Kunjungan Komisi I ke Pemkab Sangihe, diakui politisi Gerindra ini, selain melihat penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten tersebut, adalah mengenai keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan, mengingat kabupaten Sangihe berbatasan langsung dengan Negara Philipine.

“Kabupaten Sangihe berbatasan dengan negara tetangga terutama wilayah Marore, kita juga mengecek mengenai permasalahan kemanan di wilayah perbatasan. Nah, kebetulan kita mengundang pihak kepolisian kodim dan AL ternyata sudah banyak upaya-upaya yang dilakukan oleh pemkab dan TNI/Polri dalam rangka menangkal segala gangguan terhadap NKRI melalui kepulauan Sangihe,” tutur Mewengkang.

Sementara untuk pemanfaatan dsna desa di Sangihe juga berjalan sangat baik. “Untuk pemanfaatan dana desa ada MoU antara bupati dan pihak kepolisian serta kejaksaan, agar menghindari penyimpangan, dan itu sangat positif,” tutup Mewengkang.

Yang hadir dalam kunker tersebut, anggota DPRD Sulut Jeany Mumek, Netty A Pantow, Ir Julius Jems Tuuk, Sjenny Kalangi. (mom)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020