Kuota CPNS Terbatas, Lomban Himbau Pelamar Asal Bitung Harus Siap

Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban, SE, M.Si.

BITUNG – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) merestui permohonan Pemerintah Kota Bitung membuka perekrutan CPNS tahun ini. “Kuota yang diberikan Menpan RB sangat terbatas yakni hanya 32 orang CPNS dengan formasi terbatas juga yakni untuk tenaga kesehatan,” ungkap Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban sembari mengimbau agar masyrakat Kota Bitung yang ingin mengabdikan dirinya menjadi ASN untuk memanfaatkan kesempatan ini.

Menurutnya kuota yang terbatas tersebut baiknya dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi para pelamar dari seluruh wilayah yang ada di Kota Bitung sehingga telah mempersiapkan berbagai hal terkait pengurusan berkas.

Lanjut Lomban hal ini akan memberi peluang lebih besar kepada para pelamar yang berasal dari Kota Bitung mengingat aturan terkait perekrutan calon ASN tidak dibatasi hanya dari Kota Bitung saja tapi terbuka untuk umum. “Sehingga memungkinkan pelamar yang berasal dari luar Kota Bitung untuk ikut menjadi CPNS tahun ini, jika mereka lebih siap bisa saja kita akan menjadi tamu di rumah sendiri,” katanya.

Sementara itu Kepala BKD PP Pemkot Bitung, Franky Ladi mengatakan, kebutuhan CPNS untuk Kota Bitung sebanyak 1.105 orang dengan rincian 765 tenaga pendidikan, 254 tenaga kesehatan dan 86 tenaga teknis. “Itu kebutuhan yang kita usulkan sesuai dengan kondisi saat ini, namun kita tetap bersyukur tahun ini Menpan RB memberikan jatah perekrutan CPNS walaupun sangat terbatas kuotanya,” tutur Ladi.

Soal kapan pendaftaran dimulai atau dibuka, Ladi menyatakan akan disampaikan lebih lanjut syarat dan waktu pendaftaran melalui pengumuman secara resmi.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020