Muslim Tidore Sholat Id Di Masjid At-Taqwa, Rahmat Kolong: Berkurban Adalah Cara Meneladani Nabi Ibrahim

Warga Kelurahan Tidore Kabupaten Kepulauan Sangihe saat hendak menuju Masjid Agung At-Taqwa

Tahuna- Warga Kelurahan Tidore Kabupaten Kepulauan Sangihe melaksanakan Sholat Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah di Masjid Agung At-Taqwa Tahuna, Minggu (11/8). 
Seluruh warga muslim Tidore sudah berkumpul di Masjid sejak jam 06.00 Wita, sembari mengumandangkan Takbir, Tahlil dan Tahmid bersama-sama. Sebelum melaksanakan Sholat pukul 07.00 Wita. 

Ditunjuk sebagai pengisi Khutbah Idul Adha 1440 Hijriah adalah Ustadz muda Tidore Rahmat Kolong. Dalam tausiahnya, dia mengingatkan kepada seluruh jamaah bahwa berkurban merupakan salah satu cara meneladani Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS. 

Ustadz Rahmat Kolong Saat memberikan Khutbah Idul Adha 1440 Hijriah.

“Selain meneladani Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS tentang pentingnya bertaqwa kepada Allah SWT. Penyembelihan qurban merupakan simbolis bagaimana kecenderungan nafsu hewani yang bersemayam dalam diri manusia. Jika belum mampu menyembelih hewan qurban, maka sembelihlah sifat sombong yang ada dalam diri kita. Yang merasa selalu benar, pandai dan alim. Jika kita belum bisa melempar Jumrah saat ini, lemparlah sifat iri, dengki, amarah dan dendam dalam diri kita.” ujar Rahmat. 

Lanjutnya menambahkan kepada seluruh jamaah Sholat Idul Adha, tentang pentingnya bersilaturahmi kepada sesama umat muslim. Baik itu keluarga, saudara kandung dan tetangga kita.

“Jika saat ini kita belum bisa melaksanakan mengelilingi Ka’bah tahun ini, maka kunjungilah saudara, tetangga dan sahabat mu. Agar terjalin erat silahturahmi antar sesama hamba Allah yang beriman.” pungkasnya.

Selain memberikan Khutbah Idul Adha, Ustadz Rahmat Kolong pun membacakan doa. Doa yang dirasakan para jemaah Masjid Agung At-Taqwa sangat menyentuh, sehingga banyak jamaah yang meneteskan air mata. Bahkan ada yang hingga menangis terisak-isak lantaran teringat kedua orang tua mereka yang sudah tak bersama lagi di Hari Raya Idul Adha. 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020