ODSK Ungkap Fakta di Balik Pelantikan Pejabat Pemprov Sulut

FB_IMG_1484893370322
Wakil Gubernur Steven Kandouw saat melantik pejabat eselon III-IV di Badan Diklat, Jumat (20/1) pagi tadi (foto:HumasPemprov)

MANADO-Pelantikan pejabat administrator eselon III dan pengawas Eselon 4 berjumlah 422 orang di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) serta 1 orang Direktur Keuangan Badan usaha milik daerah (BUMD) PT Membangun Sulut Hebat, diambil sumpah/janji pengukuhan dan pelantikan Pejabat tahap ke 3 atau susulan. Hal menarik dikatakan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw terkait suasana pelantikan tersebut.

Diketahui, Kandouw kembali melantik (Ratusan Pejabat eselon III-IV-red) di Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Provinsi berlokasi di Maumbi Minahasa Utara (Minut) Jumat (20/1). Pelantikan pejabat struktural tersebut berdasarkan Surat keputusan (SK) Gubernur.

Pelantikan eselon III-IV Pemprov oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw di kompleks Kantor Pertanian Kalasey
Pelantikan eselon III-IV Pemprov oleh Wagub Steven Kandouw di kompleks Kantor Pertanian Kalasey, 13 Januari lalu

Untuk Pejabat Eselon III sesuai Keputusan Gubernur Sulut Nomor: 821.2/BKD/SK/08/2017 Tanggal 19 Januari 2017 Tentang Pengukuhan dan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Jabatan Administrator.

Sedangkan untuk Pejabat eselon IV sesuai Keputusan Gubernur Nomor: 821.2/BKD/SK/06/09/2017 Tentang Pengukuhan dan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Jabatan Pengawas.

Suasana pelantikan pejabat eselon II dan III teras Pemprov Sulut didepan Monumen Patung Ir Soekarno tepat dekat dengan Kantor PDIP Sulut, Minut Selasa (3/1) (foto:Kandi/ML) (foto Monumen:HumasPemprov)
Suasana pelantikan pejabat eselon II dan III teras Pemprov Sulut didepan Monumen Patung Ir Soekarno tepat dekat dengan Kantor PDIP Sulut, Minut Selasa (3/1) (foto:Kandi/ML) (foto Monumen:HumasPemprov)

Ada tiga fakta bermunculan yang langsung disampaikan mengenai lokasi pelantikan pejabat. Sebelumnya lokasi pelantikan tahap pertama didepan tugu Monumen Ir Soekarno di Minut. Banyak yang bertanya-tanya kenapa pelantikan dilakukan di tengah jalan monumen Ir Soekarno. Olly mengatakan pemerintahan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODSK) adalah Tri Sakti yaitu berdikari di bidang ekonomi, berdaulat dalam bidang politik, berkepribadian dalam bidang kebudayaan.

“Sengaja kami buat disini (ditengah jalan tepat didepan monumen Ir Soekarno-red) bukan patung menyaksikan kita tapi saya ingatkan visi misi ODSK pada saat dipilih yakni Trisakti dan 10 bidang lain turunan dari Visi Misi utama tersebut,”tutur Olly saat pelantikan Eselon II awal Januari 2017 lalu.

Sedangkan kedua di kompleks Kantor Pertanian Kalasey, Kandouw beralasan karena Pemprov sekarang ini sedang fokus dalam bidang pertanian

Lanjutnya, pelantikan susulan tahap III (Hari ini-red) di Badan Diklat akan terus mengupdate dan upgrade kualitas kapabilitas dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pegawai harus tancap gas setelah dilantik dan masing-masing lakukan sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi).”Ya, Pak Gubernur mengatakan kalau mobil sampai gigi lima, kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus sampai gigi tujuh,”jelas Kandouw.

Kesempatan itu, dilaksanakan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah/janji dan penandatanganan berita acara pakta integritas antara Wakil Gubernur dengan pejabat yang baru dilantik.

Usai pelantikan Wakil Gubernur dan Sekprov Edwin Silangen, para pejabat Eselon II, serta undangan lainnya melakukan penanaman pohon untuk kelestarian lingkungan kantor Bandiklat tersebut.

Terbentuknya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru semua harus bekerja optimal dan pararel dengan pengawasan. Setelah dilantik harus adakan rapat internal untuk memaksimalkan pekerjaan tidak ada waktu lagi berfoya-foya semua harus fokus dalam pekerjaannya demi lancarnya Pemerintahan di Sulut,”kunci Kandouw.

(srikandi/HM)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020