Tonsu Dukung Pemerintah Relokasi 301 KK Warga Korban Erupsi Gunung Ruang ke Bolsel

MANADO-Anggota DPRD Sulut dapil Nusa Utara Tonny Supit memberikan apresiasi atas upaya Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam melobi pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan bahkan relokasi warga yang bermukim di wilayah gunung ruang Tagulandang , Kab.Sitaro.

Foto : Tonny Supit

Usai mengikuti rapat DPD PDI Perjuangan, mantan Bupati Sitaro dua periode ini kepada wartawan menyatakan, bahwa langkah cepat yang diambil gubernur demi pertimbangan keselamatan warga sangat tepat.


“Kondisi erupsi gunung ruang sangat berbahaya bagi masyarakat. Dengan gerak cepat Pak Gubernur Olly Dondokambey melakukan koordinasi dengan BNPB, BPBD, Pemprov, Pemkab untuk relokasi 301 KK dari gunung ruang yang rawan bencana,”jelas Tonsu.


Lanjut Tonsu sapaan akrab Anggota Komisi III DPRD Sulut ini, pemrintah juga telah siapkan lokasi relokasi di Bolsel dimana setiap KK mendapatkan rumah dan lahan 1 hektar untuk mata pencarian warga, dan lagi berada di Komunitas warga Siau.


“Pak.Presiden sudah menugaskan menteri ATR BPN, AHY untuk membebaskan lahan dan pengurusan sertifikat karena mereka mendapat lahan dan rumah, ” tambahnya. Sambil berharap agar warga mempersiapkan diri untuk segera berbenah dan direlokasi.(mom)