Opa Yulius Belum Juga Ditemukan, SAR Gabungan Sangihe Hentikan Operasi Pencarian Untuk Sementara

Tim SAR Gabungan Kabupaten Kepulauan Sangihe saat melakukan pencarian korban.

Manadoline.com, Tahuna- Pencarian Opa Yulius Manalis (71) penumpang KM Barcelona yang diduga melompat ke laut, saat kapal hendak sampai di Pelabuhan Nusantara Tahuna pada tanggal 1 April, resmi dihentikan untuk sementara waktu oleh Tim SAR Gabungan Rabu (07/04/2021). 


Hal ini disampaikan Komandan Pos SAR Tahuna Steven Lumowa, setelah Tim SAR melakukan pencarian di hari ke-7 dengan hasil tetap sama yakni korban yang belum ditemukan. 


“Operasi SAR hari ke-7 kita telah selesai laksanakan. Dengan hasil kita belum bisa temukan korban, jadi korban masih kita nyatakan hilang. Saya berterimakasih kepada unsur yang terlibat dalam hal ini Lanal Tahuna dan Polairud Polres Sangihe serta masyarakat, juga keluarga,” ujarnya. 

Komandan Pos SAR Tahuna Steven Lumowa.


Di hari ke-7 Tim SAR gabungan melakukan pencarian ke tiga arah dari lokasi kejadian, yakni arah utara, barat dan selatan. Namun korban belum juga ditemukan dan pencarian dihentikan untuk sementara waktu. 


“Jadi hari ini kami melakukan penyisiran dari arah utara dari lokasi kejadian. Kemudian arah barat dan arah selatan dan kami belum temukan. Untuk itu operasi ini kita hentikan sementara. Dan kita tetap menerima, menunggu informasi bila ada perkembangan-perkembangan lagi di lapangan,” tegasnya.


“Apa bila ada nelayan yang menemukan Opa Yulius tolong sampaikan kepada pemerintah, baik pemerintah kecamatan atau kabupaten. Atau langsung ke kami Tim SAR gabungan agar kami bisa membantu proses evakuasi,” sambung Lumowa. 


Diungkapkannya saat melakukan pencarian, tak jarang arus yang kencang dan juga gelombang yang cukup terasa. Serta tidak jelasnya titik jatuh korban yang belum bisa dipastikan, menjadi lawan Tim SAR dalam menemukan korban. 


“Kendala di lapangan, kami terkendala dengan arus, yang pada hari pertama atau pas kejadian itu arus cukup kuat. Ditambah lagi dengan gelombang yang lumayan saat tim melakukan penyisiran. Serta lokasi jatuh yang titiknya belum bisa dipastikan di daerah mana,” jelasnya. 


“Saya Steven Lumowa Komandan Pos SAR Tahuna mengucapkan terimakasih kepada seluruh unsur yang terlibat. Baik pemerintah daerah, Lanal Tahuna, Polairud Polres Sangihe, masyarakat dan juga keluarga selama ini yang telah membantu, mempercayakan kami mencari korban. Dan untuk sementara operasi pencarian kami hentikan,” pungkasnya. 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020