Pacu Akuntabilitas Perangkat Daerah, Walikota GSVL Ingatkan Renstra Jadi Acuan Pertanggungjawaban

Sekda Rum Usulu saat memberikan pemaparan dalam kegiatan Rakorev.

MANADO – Kepala Perangkat Daerah (PD) Pemerintah Kota Manado diingatkan untuk loyal dalam memberikan pertanggungjawaban yang baik dan tepat sasaran. Hal ini sarat penegasan, terutama dalam penerapan akuntabilitas penyelenggaraan roda pemerintahan.

Dalam Rakorev Triwulan IV tahun anggaran 2017 serta evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan secara elektronik (e-SAKIP) yang digelar Bapelitbangda di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Rabu (17/1), dipaparkan sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, salah satu azas yang menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan adalah akuntabilitas.

“Akuntabilitas adalah kemampuan penyelenggara pemerintahan dan pelayanan publik dalam mempertanggungjawabkan pelaksanaan program. Ini diukur dalam suatu sistem yaitu SAKIP, sebagai bagian dari penerapan manajemen kinerja yang selaras dengan semangat reformasi birokrasi,” tukas Walikota GSVL melalui Sekda Rum usulu dalam RAKOREV tersebut.

Lanjut dikatakan, kepala perangkat daerah harus mempertanggungjawabkan pelaksanaan program kegiatan dengan mengacu pada Rencana Strategis (Renstra) perangkat daerah yang telah dianggarkan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) masing-masing.

Yang mana, lanjut dijelaskan pelaksanaan program jangan hanya terfokus pada output kegiatan atau serapan anggaran, namun capaian indikator kinerja program juga wajib diukur dari realisasi kinerja tahunan terhadap target RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dan hasil evaluasi kinerja perangkat daerah masing-masing setiap tahun.

“Ayo bersama-sama kita kawal setiap pelaksanaan program kegiatan, ditinjau dari sisi pencapaian indikator kinerja, sebagai bentuk pertanggungjawaban kita terhadap penggunaan anggaran yang dipakai untuk membiayai pelakaanaan setiap program kegiatan dimasing-masing perangkat daerah. Termasuk, hasil Rakorev menjadi bahan masukan strategis dalam memantapkan proses pembangunan di Kota Manado tahun 2018,” tutur Usulu.

Rapat yang dihadiri para Asisten, kepala Perangkat Daerah, kepala bagian, Camat dan Lurah se-Kota Manado. (stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020