Road to Manado Fiesta 2020: IKISST Target 3 Ribuan Warga Nusa Utara Ramaikan Festival Tulude

MANADO – IKISST (Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud) kembali memantapkan persiapan festival adat Tulude tahun ini. Ini terungkap saat rapat koordinasi (Rakor) bersamaan persiapan Festival Cap Go Meh yang dipimpin Kadis Pariwisata Manado, Lenda Pelealu di Meeting Room Pemkot Manado belum lama ini.

“Pusat kegiatannya sama seperti tahun lalu, di lapangan Sparta Tikala,” kata Sekretaris IKISST, Pontowuisang Kakauhe yang juga dipercayakan sebagai ketua panitia Tulude.

Kemasan acaranya menurut Ponto, akan menampilkan budaya khas warga Nusa Utara serta penampilan budaya dan kesenian lain perwakilan dari lima agama yang ada di Manado.

Seperti kasidah, barongsai, paduan suara,  panji samirah, tari gude, music bambu dan masamper. “Untuk masamper akan tampil sebanyak 20 grup. Intinya kami menjual bagaimana masyarakat Manado itu hidup rukun, menjunjunggung tinggi rasa toleransi lewat penampilan budaya dari perwakilan masing-masing kepercayaan yang di Manado,” jelasnya.

Sebelum acara puncak, siang akan dilakukan pawai budaya dari masing-masing perwakilan dikawal 50 anggota Paskibraka dan tim drum band dari Sat Pol PP Kota Manado.

Rute pawai menurut Sekretaris Dispora Manado ini, star dari Gereja Sentrum, masuk Taman Kesatuan Bangsa (TKB), belok kiri menuju patung Worang Pusat Kota. Kemudian belok kanan dan finish di lapangan Tikala.

Ketua Panitia Tulude, Pontowuisang Kakauhe melaporkan persiapan Festival Tulude 2020 dalam rakor dipimpin Kadis Pariwisata Mabnado, Lenda Pelealu.

“Target kami warga Nusa Utara yang hadir sebanyak 3000. Untuk itu lewat rakor ini kami meminta dukungan dari pemkot Manado,” kata Ponto. Dia berharap peran serta dari pihak kecamatan untuk mengerahkan massa warga Nusa Utara di wilayah masing-masing.

Kadis Pariwisata, Lenda Pelealu mengatakan, rakor ini untuk membagi tugas antara IKISST selaku panitia Tulude dengan pemerintah kota. Untuk waktu pelaksanaan, menurut Lenda, akan disesuaikan momen yang tepat dengan kehadiran Wali Kota, GS Vicky Lumentut serta Wawali Manado, Mor Bastiaan.

“Yang penting persiapannya dulu kita tahu. Apakah sudah siap atau belum. Kami dari Pemkot akan membantu mensukseskan. Apalagi Festival Tulude ini salah satu rangkaian iven local Road to Manado Fiesta. Hasil rakor ini akan kami laporkan ke pimpinan,” tandas Lenda. (ant)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020