Kapolda Sulut Beri Pembekalan Wawasan Kebangsaan Kepada Narsum di DPRD Sulut

MANADO-Anggota DPRD Sulut telah mengagendakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di daerah pemilihan sejak tanggal 25-31 Juni 2022.

Kapolda Pol Drs.Mulyatno, SH.MM saat memberikan pembekalan.

Dan sebagai bentuk persiapan Kapolda Sulut Irjen Pol Drs.Mulyatno, SH.MM,  dipercayakan menjadi Keynote Speaker dalam kegiatan pembekalan Narasumber sosialisasi wawasan kebangsaan bagi Pimpinan dan anggota DPRD Sulut serta Para Akademisi.

Kapolda Sulut memberikan pembekalan  yang dilaksanakan di ruang rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sulut dr. Fransiscus Andi Silangen, didampingi Sekwan Sulut Glady Kawatu, serta dihadiri oleh para pimpinan dan anggota DPRD Sulut baik secara fisik maupun virtual serta narasumber.

Kapolda Sulut saat memberikan pembekalan.

Glady Kawatu Sekretaris DPRD Sulut melaporkan  pelaksanaan sosialisasi wawasan kebangsan didasarkan pada Peraturan DPRD No 1 Tahun 2021 tentang Tatib DPRD, dimana dalam pasal 133 mengamanatkan bahwa anggota DPRD mensosilisasikan peraturan perundang undangan dan wawasan kebangsaan kepada komponen masyarakat.

Sekretaris Dewan Glady Kawatu saat menjemput Kapolda.

Sementara Ketua Dewan Fransiscus A Silangen dalam sambutannya ia memberikan apresiasi kepada Kapolda Sulut Irjen Pol Drs.Mulyatno yang mempunyai pengetahuan  comprehensive tentang wawasan kebangsaan

“Banyak saya dengar bahwa keynote speaker Irjen Pol Drs.Mulyatno dari beliau sangat comprehensive. Mungkin narsum dari latar belakang akademisi sudah banyak pengetahuan, tetapi hari ini pengetahuannya akan semakin bertambah,” ujar Silangen.

Lanjut Silangen, lewat pengetahuan yang akan kita dapatkan hari ini itu akan bermanfaat baik kita sebagai anggota dewan atau mungkin juga bagi narasumber.

“Pemaparan Pak Kapolda sudah sangat lengkap. Karena beliau menguraikan dari awal sejarah penjajahan bangsa Indonesia untuk memahami dan mengerti cara pandang bangsa ini yang harus kita tahu secara sempurna,”jelas Silangen.

Sementara Itu Kapolda Sulut dalam pemaparannya mengatakan Wawasan kebangsaan adalah cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara, akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Kapolda Mulyatno.

Kapolda juga mengatakan empat konsensus dasar bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, serta tentang revolusi mental.

Wawasan kebangsaan dalam sebuah negara ini, katanya sangat penting sekali dan harus selalu dihidup kembangkan terus.

“Supaya semua masyarakat tanpa terkecuali, baik pejabat maupun masyarakat umum, memiliki wawasan kebangsaan yang kuat sehingga mampu berkontribusi menjadi warga negara yang baik dan berkontribusi kepada negara,” papar Kapolda Sulut. Pembekalan wawasan kebangsaan dilaksanakan, Selasa (21/6/2022). (mom)