Kaban Liny : Rusun ASN Bakal Dibangun Dikota Baru

MANADO – Kota Manado menjadi salah satu Kota di wilayah Indonesia Timur yang ditetapkan untuk pengembangan Kota Baru. Nantinya di kawasan Kota Baru akan dibangun rumah susun (rusun) bagi ASN/PNS pemkot Manado. Kementerian PUR sudah menginventarisir ada tiga lokasi lahan milik pemerintah yang nantinya akan dibangun rusun untuk PNS, itu sudah kami konsultasikan dengan Walikota Manado, kita tinggal menentukan dari tiga lokasi tersebut.

Hal itu di katakan Kepala Bapelitbang Manado DR Liny Tambajong. Menurutnya pengembangan Kota Baru yang berlokasi di kecamatan Mapanget ini sudah dirintis dengan melibatkan 44 pengembang. “Kota Baru yang berlokasi di kecamatan Mapanget, sudah running dengan 44 pengembang kemudian tugas dari pemerintah, karena ini adalah program nasional maka pemerintah pusat wajib menyediakan prasarana dasar,” ujar Kaban Liny.

Dikatakan, sampai tahun 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menginventarisir lahan-lahan yang akan dibangun prasarana dasar dan hal itu akan di disesuaikan dengan perubahan RTRW nantinya. Dimana dari 5000 haktar kawasan Kota Baru di Mapanget, sekitar 50 persennya adalah kawasan pertanian.

“Pertama tentang pengelolaan air bersih, kemudian disana juga nanti ada TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) dan untuk lahannya sudah disediakan pemerintah kecamatan,” tutupnya.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020