BLK GMIST Sangihe Habiskan 850 Juta APBD 2019

Tahuna- Bupati Jabes Ezar Gaghana bersama Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe meletakkan batu dasar pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) GMIST, Senin (2/9).

Peletakan batu dasar pembangunan BLK ini juga dihadiri Kepala Disnaker dan Ketua Umum Sinode GMIST Kabupaten Kepulauan Sangihe. Dipastikan dengan adanya BLK yang menghabiskan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019 Rp 500.000.000 untuk pembangunan dan Rp 350.000.000 untuk peralatan ini, akan menghasilkan tenaga kerja terampil dan berkualitas di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Ini semua hasil kerja keras Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe yang berhasil melobi pembangunan ini ke Pemerintah Pusat. Dan juga tak lama lagi akan menyusul pembangunan BLK pondok pesantren,” ungkap Kepala Disnaker Sangihe Dokta Pangandaheng.

Sementara itu Bupati Kepulauan Sangihe dalam sambutannya berharap, BLK Komunitas GMIST ini kiranya menjadi sebuah jawaban bagi masyarakat Sangihe untuk menjadi tenaga kerja yang terampil dan berkualitas melalui pendekatan komunitas agama.

“Kami berharap BLK ini akan menjadi tempat untuk pendidikan dan pelatihan bagi siapa saja baik pemuda, remaja bahkan orang tua yang ingin belajar untuk kebutuhan di lingkungan masyarakat, baik itu keterampilan menjahit, pariwisata ataupun bahasa inggris.” kata Gaghana

“Nanti jadwal pelatihannya boleh diatur semaksimal mungkin, kalau boleh pelatihan setiap hari. Dan saya berharap agar selalu besinergi dengan dianaker Sangihe untuk mempersiapkan generasi muda untuk lapangan pekerjaan. Selain itu juga dapa membaca kebutuhan pasar kira-kira tenaga kerja apa yang dibutuhkan,” lanjutnya.

Bupati menambahkan, minimal para pelajar di BLK harus memiliki sertifikasi. Dan meski dikelola GMIST, namun dirinya tak menampik keterlibatan pemerintah dalam mempersiapkan kebutuhan tenaga kerja.

“Terimakasih badan sinode yang sudah memberikan lahan untuk pembangunan. Dan kiranya kualitas bangunan tetap diperhatikan agar dapat digunakan semaksimal mungkin dan menjadi berkat bagi kita semua,” kunci orang nomor satu di Bumi Tampungang Lawo ini. (Zul)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020