Bukti Terus Hadir Ditengah Masyarakat, Ratusan Ribu Bantuan Pemprov Telah Disalurkan

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) tak henti-hentinya secara terus menerus salurkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Gubernur Sulut saat membagikan sembako pada masyarakat pesisir Dermaga Belang Kabupaten Minahasa Tenggara, Dermaga Jiko Port Bolaang Mongondow Timur dan Pantai Sondana Bolaang Mongondow Selatan

Buktinya, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw bersama jajaran dan unsur Forkopimda melakukan kegiatan bakti sosial pembagian sembako untuk masyarakat.

Diantaranya, warga pesisir yang terdampak covid-19 pada Senin, 20 April 2020. Gubernur Olly bersama rombongan berangkat menumpang kapal dan speed boat dari Kesatriaan Satrol Samuel Languyu Bitung menuju tiga lokasi yaitu Dermaga Belang Kabupaten Minahasa Tenggara, Dermaga Jiko Port Bolaang Mongondow Timur dan Pantai Sondana Bolaang Mongondow Selatan.

Wakil Gubernur Steven Kandouw saat menyalirkan sembako untuk warga Bolmong Raya

Menariknya, ketika berpapasan dengan nelayan di tengah laut, dengan sigap Olly langsung membagikan paket sembako diantaranya berupa beras, mie instant, ikan kaleng dan juga masker yang disambut gembira oleh nelayan. Selain nelayan yang tengah melaut, masyarakat pesisir lainnya yang terdampak corona juga mendapatkan sembako.

Sementara, di hari yang sama Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw bersama Forkopimda menyisir warga pesisir pantai Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Bolaang Mongondow Selatan usai menyerahkan bantuan bahan natura bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Senin (20/4/2020).

Tak sampai disitu, Pemprov terus menyalurkan bantuan paket sembako bagi masyarakat terdampak covid-19 dengan menggandeng lembaga agama agar proses penyalurannya efektif, Rabu (22/4/2020).

Gubernur Olly bersama saat memberikan bantuan untuk warga daerah kepulauan di Minut

Gubernur Olly Dondokambey didampingi Sekdaprov Edwin Silangen dan Kadis Sosial Rinny Tamuntuan membagikan sebanyak 359 paket sembako di Gereja Katolik Paroki Ratu Rosari Suci dan 515 paket di Masjid Al Ikhwan Tuminting yang diterima langsung oleh perwakilan rumah ibadah sebelum didistribusikan langsung ke warga penerima bantuan.

Adapun paket tersebut berupa 10 bungkus mie instant, beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, 3 kaleng ikan siap saji dan 5 buah masker. Bantuan ini diapresiasi masyarakat karena dapat meringankan beban pemenuhan kebutuhan pokok di tengah pandemi covid-19.

Usai menggelar bakti sosial pembagian sembako bagi warga pesisir pantai selatan Sulawesi Utara beberapa waktu lalu, Pemprov Sulut bersama TNI-Polri kembali menyalurkan sembako kepada warga terdampak covid-19 di pesisir pantai utara Sulut, Selasa (5/5/2020).

Pemprov Sulut saat membagikan bantuan paket sembako di Kab/Kota salah satunya di Minsel diserahkan langsung ke perwakilan tokoh agama

Selain itu, Pemprov dibawah komando Gubernur Olly Dondokambey terus menyalurkan bantuan sembakoKamis (14/5/2020), Pemprov Sulut melalui Dinas Sosial yang dipimpin Rinny Tamuntuan kembali membagikan paket sembako di Kab/Kota salah satunya di Minahasa Selatan.

Kali ini sebanyak 574 paket sembako yang dikemas dalam tas berisi 5 kilogram beras, 10 bungkus mie instan, 1 liter minyak goreng, 3 kaleng ikan siap saji dan 5 buah masker didistribusikan di Minsel.

Dari Minsel ke Bitung tepatnya di pulau Lembe, Sabtu (16/5/2020). Gubernur Olly Dondokambey diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulut Edison Humiang membagikan 3200 paket sembako kepada masyarakat Pulau Lembeh Kota Bitung melalui Ketua BPMW GMIM Bitung 4 Pdt Yohanes Rambing, Ketua BPMW Bitung 6 Pdt Jems Mailuhu, perwakilan GPdI, KGPM Kecamatan Lembeh Selatan dan perwakilan GPDI, KGPM Kecamatan Lembeh.

Gubernur Olly Dondokambey diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulut Edison Humiang membagikan 3200 paket sembako kepada masyarakat Pulau Lembeh Kota Bitung

Sementara, Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw dan jajaran Forkopimda Sulut, Gubernur Olly mengendarai jet ski menyeberangi lautan untuk menyalurkan 1.066 paket bantuan bahan pokok demi meringankan beban masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi covid-19 di Pulau Siladen, Bunaken dan Manado Tua, Senin (18/5/2020).

Paket sembako yang diangkut dengan kapal dikemas dalam tas berisi 5 kilogram beras, 10 bungkus mie instan, 1 liter minyak goreng, 3 kaleng ikan siap saji dan 5 buah masker didistribusikan melalui lembaga keagamaan sebelum dibagikan dibagikan door to door ke rumah-rumah warga agar proses penyalurannya akurat sekaligus efektif mencegah kerumunan orang dalam rangka menerapkan physical distancing.

Gubernur Olly didampingi Sekprov Edwin Silangen saat membagikan sembako untuk warga Manado yang akan disalurkan ke jamaah

Usai menyalurkan sembako, Gubernur Olly menerangkan alasan penggunaan jet ski dalam penyaluran bantuan karena lebih efektif menjangkau warga pesisir.

“Saya kira kalau kita pakai jet ski kan lebih langsung ke masyarakat di pesisir dan bisa lihat langsung barang-barang yang kita terima langsung kepada masyarakat. Kalau pakai kapal kan cuma satu tempat, kalau pake jet ski kan kita bisa putar seluruh pulau masyarakat yang terdata lebih gampang,” kata Olly.

“Ini sudah kita lakukan sampai di Boltim kita pake jet ski. Juga di bolmut. Ini sudah empat kali kita lakukan seperti ini bersama Forkopimda,” lanjutnya.

Selang beberapa hari, Gubernur Olly Dondokambey kembali turun langsung membagikan paket sembako di kepulauan, Jumat (22/5/2020), Gubernur Olly didampingi Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw dan jajaran Forkopimda Sulut, mengendarai jet ski menyeberangi lautan untuk menyalurkan sebanyak 2.043 paket bantuan bahan pokok demi meringankan beban masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi covid-19 di Pulau Mantehage dan Pulau Nain, Kabupaten Minahasa Utara.

Wakil Gubernur Steven Kandouw saat membagikan paket sembako untuk warga pesisi pantai Minsel

Sebelumnya, pada Senin (18/5/2020) Gubernur Olly dan jajaran Forkopimda telah membagikan 1.066 paket sembako bagi warga Kota Manado yang terdampak covid-19 di Pulau Siladen, Pulau Bunaken dan Pulau Manado Tua. Total dalam lima hari, Gubernur Olly telah membagikan 3.109 paket sembako bagi warga terdampak covid-19 di lima pulau yang ada di Manado dan Minahasa Utara.

Dimana paket sembako dikemas dalam tas berisi 5 kilogram beras, 10 bungkus mie instan, 1 liter minyak goreng, 3 kaleng ikan siap saji dan 5 buah masker didistribusikan melalui lembaga keagamaan sebelum dibagikan dibagikan door to door ke rumah-rumah warga agar proses penyalurannya akurat sekaligus efektif mencegah kerumunan orang dalam rangka menerapkan physical distancing.

Gubernur Olly ketika menyalurkan sembako di Pulau Mantehage dan Pulau Nain mengajak masyarakat mematuhi himbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran pandemi covid-19 di Sulut.

Terpisah, Selasa (26/5/2020) Gubernur Olly bersama Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw dan jajaran Forkopimda Sulut turun langsung menyisir daerah kepulauan di Kabupaten Minahasa Utara untuk memberikan bantuan paket bahan pokok berupa 5 kilogram beras, 10 bungkus mie instan, 1 liter minyak goreng, 3 kaleng ikan siap saji dan 5 buah masker.

Bertolak dari dermaga Kima Bajo pada pagi hari, Gubernur Olly dan rombongan menggunakan jet ski dan kapal menyeberangi lautan untuk membagikan bantuan di Pulau Gangga, Talise, Kinabuhutan dan Bangka.

Jumlah paket sembako yang dibagikan kepada warga kepulauan sebanyak 2.768 paket sembako dengan perincian 745 paket dibagikan di Pulau Gangga, 745 paket di Pulau Talise, 353 paket di Pulau Kinabuhutan dan 925 paket di Pulau Bangka.

Bantuan diserahkan Gubernur Olly melalui lembaga keagamaan sebelum dibagikan dibagikan door to door ke rumah-rumah warga agar proses penyalurannya akurat sekaligus efektif mencegah kerumunan orang dalam rangka menerapkan physical distancing sesuai protokol covid-19.

Usai menyalurkan sembako, Gubernur Olly mengatakan penyaluran paket sembako bagi warga kepulauan yang terdampak covid-19 bukan yang pertamakalinya dilakukan Pemprov Sulut ditengah pandemi covid-19.

“Yah penyaluran bantuan untuk keempat kali kita putar pulau-putar kali ini di wilayah Pulau Bangka, Talise sama Kinabuhutan, ada tiga Pulau Bangka, Gangga, Talise, disitu ada sekitar 15 desa yang kita bagikan buat masyarakat yang terdampak,”terangnya.


Ini total rekapan bantuan sembako yang sudah tersalur sampai dengan Senin, 25 Mei 2020: (Sumber Dinas Sosial Prov Sulut)

Minut 28.601
Minahasa 12.955
Manado 49.214
Bitung 16.332
Bolsel 150
Tomohon 8.869
Mitra 1.922
Boltim 1.152
Bolmut 3.150
Minsel 11.244
Kotamobagu 9.751
Bolmong 6.367
Sangihe 3.223
Sitaro 4.133
Talaud 4.044

= Total 161.107 Paket

Pemerintah membutuhkan dukungan masyarakat agar pandemi covid-19 bisa segera berakhir. Pemprov memastikan komitmen Pemprov Sulut membantu seluruh warga terdampak corona.

“Semua pihak bersatu mengatasi pandemi corona di Sulut agar aktivitas masyarakat dapat kembali normal sehingga perekonomian pulih,”harap Gubernur Olly.

(Adv Satgas Pengelola Sistem Informasi dan Publikasi Pemprov Sulut Dalam Rangka Penanggulangan Covid-19)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020