Bupati Minsel-Danlantamal XIII Resmikan Tugu KKO Bersamaan Upacara Tabur Bunga Hari Dharma Samudera

Bupati Minsel, Tetty Pauntu mendampingi Danlantamal XIII Manado Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Silasulla Irup Hari Dharma Samudera 2020 di pantai Kelurahan Pondang, Amurang.

AMURANG – Mengenang sejarah pertempuran Laut Arafuru, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu mendampingi  Komandan Lantamal XIII Manado Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Silasulla sebagai Irup Hari Dharma Samudera 2020 yang dilaksanakan di perairan pantai Amurang Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang, Rabu (15/1/2020).

Setelah penghormatan dan mengheningkan cipta kepada arwah para Pahlawan, Bupati bersama Komandan Lantamal meresmikan Tugu KKO yang ada di Kelurahan Uwuran dan dilanjutkan prosesi tabur bunga ke laut yang diikuti oleh peserta upacara.

Peserta upacara tampak berjajar rapi terdiri dari peleton Perwira, Bintara, Tamtama TNI AL dan peleton Gabungan TNI-Polri, Satpol-PP serta perwakilan Pramuka.

Lantamal mengatakan, Hari Dharma Samudera merupakan bentuk penghormatan terhadap para Pahlawan Bangsa sekaligus untuk mengenang peristiwa yang terjadi di Laut Arafuru, berlangsung 57 tahun silam. 

Bupati Minsel, Tetty Pauntu bersama Danlantamal XIII Manado Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Silasulla meresmikan Tugu KKO di Kelurahan Uwuran.

“Pertempuran Laut Arafuru yang terjadi tanggal 15 Januari 1962 merupakan peristiwa heroik dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Tiga kapal cepat ALRI, yaitu RI Harimau, RI Matjan Tutul dan RI Matjan Kumbang berjibaku melawan tiga kapal kombatan utama dan sebuah pesawat udara angkatan laut Belanda. Ketiga kapal itu tergabung dalam satuan tugas Chusus-9 atau STC-9 dengan mengemban misi infiltrasi mendaratkan pasukan angkatan darat di timur Kaimana sebagai langkah awal perjuangan Trikora,” ungkapnya.

Usai upacara tabur bunga, acara dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata antara bupati dan Komandan Lantamal XIII Manado.

Hadir dalam peringatan Hari Dharma Samudera 2020 Wakil Bupati Franky Donny Wongkar, Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan, Wakil Ketua DPRD Paulman Runtuwene, Kapolres Minsel AKBP Bangun Widi Septo SIK, Kajari Minsel, para asisten, kepala-kepala OPD yang ada dilingkup Pemkab Minsel, TNI, Polri dan para Pejabat terkait serta undangan lainnya. (dav)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020