Dari Manado Untuk Indonesia, Ini Pesan ‘Manado Rumah Besar Kita’ di Karnaval FisCo Pagi Ini

Rute parade Manado Rumah Besar Kita di Karnaval FisCo Manado Fiesta pagi ini

MANADO – Ada yang menarik dalam karnaval FisCo (Fish and Coral) Manado Fiesta 2017 yang akan berlangsung Sabtu (2/9/2017) hari ini.

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 Wita dengan mengambil garis star Boulevard Dua Sindulang kemudian melewati Jembatan Soekarno dan finish Taman Berkat (God Bless Park) samping Mantos itu akan menampilkan parade orang dalam jumlah besar.

Masing-masing kelompok berjumlah 53, baik kelompok orang dengan penampilan khas adat dan budaya serta golongan yang berbeda-beda di Kota Manado.

Kemudian disusul 53 kendaraan hias menampilkan 53 biota laut yang menggambarkan kekayaan bawah laut Pulau Bunaken dengan keindahan panoramanya.

Wali Kota, GS Vicky Lumentut (GSVL) mengidentikan, parade sepanjang 3 Km yang dipertontonkan dalam Karnaval FisCo ini menggambarkan ‘Manado Rumah Besar Kita’ yang selama ini hidup rukun dan damai di antara sesama golongan agama.

“Harus diperhatikan kemudian ditindaklanjuti bersama bahwa Karnaval FisCo Manado Fiesta, ada dua pesan yang ingin kita sampaikan dan gemakan dari Manado untuk Indonesia,” kata Wali Kota GSVL.

Pertama menurut GSVL, ingin disuarakan bahwa NKRI harga mati, Pancasila sudah final, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika tidak perlu diutak-atik.

Kedua yakni, dari Karnaval FisCo ini gaungkan kerukunan di Kota Manado sangat terjaga dengan baik. Inilah model Indonesia mini, dari Manado untuk Indonesia.

“Saya mengajak masyarakat untuk terlibat dalam menjaga keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama, dengan berbagai perbedaan etnis dan suku,” ujar GSVL.

Menurutnya, di Kota Manado tidak ada mayoritas dan minoritas. Semuanya diperlakukan sama tanpa mengistimewakan yang lain.

“Dalam Rumah Besar Kita bersama yang tergambar dalam karnaval nanti, ingin memberi pesan kepada para tamu dan wisatawan yang datang ke Manado, bahwa kehidupan masyarakat di Kota Manado sangat rukun. Dengan modal seperti ini, saya yakin Manado Fiesta akan menjadi icon cerdas pengembangan pariwisata di Kota Manado,” pungkas GSVL. (antoreppy)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020