Datangi Kantor KPU, Bawaslu Manado Awasi Rekrutmen PPK

MANADO – Bawaslu Manado terus melakukan pengawasan terhadap proses pendaftaran badan adhoc atau panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota.

Dari pantauan Manadoline.com, pendaftaran PPK langsung diawasi oleh Ketua Bawaslu Kota Manado, Marwan Kawinda didampingi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Sario, Wanea dan Singkil.

“Bawaslu sendiri menjadi objek pengawasan terhadap proses rekrutmen PPK, kita melihat apakah benar dilakukan sesuai dengan regulasi yang ada temasuk Peraturan KPU sendiri, itu yang kita awasi,” kata Marwan Kawinda kepada Manadoline.com, Rabu, (22/01/2020).

Menurut Marwan, yang diawasi Bawaslu juga terkait dengan calon peserta PPK tidak ada yang berafiliasi dengan partai politik, termasuk soal dari kepala lingkungan yang masuk PPK yang sebelumnya diatur oleh Pemerintah Kota Manado.

“Soal pala sebenarnya tidak diatur oleh KPU sendiri, tapi pengalaman kemarin diatur oleh Pemkot Manado, sehingga yang bersangkutan harus memilih PPK atau kepala Lingkungan,” jelasnya.

Marwan menambahkan, keterlibatan Panwascam dalam pengawasan proses rekrutmen PPK, dikarenakan mereka lebih mengetahui kondisi masyarakat yang ada di wilayah kecamatan masing-masing. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020