Dinsos Sulut Sentuh Desa Sejahtera Mandiri Wilayah Perbatasan, dr Tamuntuan: Bantu ODSK

(Plt Kepala Dinas Sosial Sulut dr Rinny Tamuntuan)

MANADO– Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Sulawesi Utara (Sulut) dr Rinny Tamuntuan mengatakan program Desa Sejahtera Mandiri akan menyentuh daerah perbatasan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud dalam waktu dekat.

Diketahui, program Desa Sejahtera Mandiri sangat bersinergi dan membantu program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) yang menjadi salah satu program Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam mengurangi angka kemiskinan di Sulut,”jelas dr Tamuntuan kepada Manadoline saat berada di ruang kerjanya, Jumat (23/3/2018).

“Kami Dinsos rencananya pekan depan akan turun langsung ke daerah perbatasan yakni Sangihe dan Talaud dimana dari pihak Kementerian Pusat memfokuskan program ini di wilayah perbatasan dan akan melihat mana yang akan menjadi pilot project sesuai dengan Nawacita Presiden yakni membangun dari pinggiran,”tuturnya.

Tamuntuan menjelaskan tahap awal Dinsos dan pihak terkait akan mencari satu desa, dan akan musyawarah di tingkat Desa yang bertujuan menggali kira-kira apa yang harus diperhatikan. Program ini akan berjenjang mulai dari Kabupaten, Provinsi, dan Kementerian.

Program ini pun akan dikeroyok secara bersama dengan stakeholders. Misalnya di bidang kesehatan harus ada tenaga keperawatan, puskesmas. Juga termasuk infrastruktur contohnya adanya jalan yang rusak sehingga dibutuhkan peran Dinas PU. Semuanya untuk kebutuhan masyarakat agar bisa menghidupi diri sendiri dan keluarga jalannya melalui keterampilan kreatifitas salah satunya bersayakan UMKM,”bebernya.

Untuk anggaran program Desa Sejahtera Mandiri ini, dilakukan secara bertahap oleh Kementerian Pusat,”pungkasnya. (srikandi/*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020