Disdukcapil Mitra Fokus Pemutakhiran Data Penduduk, Penerbitan KIA Tetap Jalan

Kadisdukcapil Mitra David Lalandos AP MM

RATAHAN — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcpil) Minahasa Tenggara (Mitra) sementara melakukan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA), agar anak dibawah 17 tahun di Mitra bisa memiliki identitas resmi layaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada warga di atas 17 tahun.
Namun karena tugas pemutakhiran data penduduk yang sedang dilaksanakan oleh Disdukcapil Mitra, pencetakan KIA sedikit tertunda.
“Saat ini penerbitan KIA memang tertunda, karena saat ini sementara fokus pada pemutakhiran data penduduk,” kata Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Mitra David Lalandos AP MM, Selasa (5/7/2017).
Menurutnya, semua tugas yang menjadi tanggunggjawab Disdukcapil memang penting, tapi pemutakhiran data penduduk menjadi prioritas saat ini.
“Semua tugas menurut saya penting, namun harus ada skala prioritas. Kita harus melihat mana yang mendesak untuk segera diselesaikan harus diselesaikan. Tapi pada intinya tugas harus diselesaikan dengan baik dan benar,” jelas Lalandos.
Lanjut dikatakannya, setelah pemutakhiran data penduduk, Disdukcapil Mitra akan lanjut dengan pencetakan KIA.
“Mungkin akhir Juli pemutakhiran data rampung, dan kami akan kembali fokus pada penerbitan KIA,” ujarnya.
Lebih lanjut dituturkannya, petugas akan turun langsung untuk mengambil foto anak yang akan dibuatkan KIA.
“Kendala foto nanti akan kami selesaikan dengan turun langsung dilapangan mengambil foto anak. Selain itu sudah ada sosialisasi kepada Sekdes setempat untuk proaktif mengumpulkan foto anak agar foto bisa terkumpul dengan cepat,” terangnya.
Diungkapkannya, data anak dibawah 17 tahun yang saat ini berada di Mitra sekira 32 ribu jiwa. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020