Dua Kominitas di Manado Berbagi di Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri

Aksi donor darah dalam rangka Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri yang diikuti Super Soccer Manado dan MPA Tarsius Politeknik Negeri Manado. (Foto:ist)

Manadoline, Manado — Kepedulian kepada sesama menjadi alasan bagi member dari Brigata The Man yang tergabung dalam Supper Soccer Manado dan Mahasiswa Pencinta Alam (MPA) Tarsius Politeknik Negeri Manado mendonorkan darah mereka dalam kegiatan donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri”.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 20-23 Oktober 2020 di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Malalayang, sementara tanggal 24 Oktober 2020, donor darah dilaksanakan di Aulah Mapalus, Kantor Gubernur Sulawesi Utara.

Koordinator Acara Adhy Wiralaksana Putra mengatakan para member dari dua komunitas ini ingin terlibat dalam kegiatan sosial yang digelar dalam rangka Sumpah Pemuda. Karena itu, kepedulian mereka ditunjukkan dengan menjadi pendonor darah.

“Ada banyak cara untuk bahagia, salah satunya dengan membantu sesama. Nah, teman-teman dari Brigata The Man dan MPA Tarsius ini melakukannya dengan cara mendonorkan darah mereka dengan harapan bisa bermanfaat bagi orang yang membutuhkan,” ungkap Adhy.

Kegiatan yang juga diikuti komunitas motor dengan jumlah peserta sebanyak 108, berhasil mengumpulkan sebanyak 84 kantong darah yang akan disumbangkan kepada sesama yang membutuhkan.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak. 

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020