Lana Bango Solusi Kreatif Angkat Petani Kelapa

Lana Bango minyak kelapa produk kelompok masyarakat Sangihe.

Tahuna- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, melaunching produk lokal Sangihe minyak kelapa (Lana Bango), pada saat pelaksanaan dua tahun kepemimpinan Megahagho, Rabu (22/5) bertempat di Papanuhung Santiago Tampungang Lawo. 

Dengan dilauncingnya Lana Bango ini, Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME menuturkan bahwa para pengusaha di Kabupaten Kepulauan Sangihe dapat bekerjasama.  Caranya dengan mengurangi pasokan minyak kelapa dari luar. Dan masyarakat dapat menggunakan Lana Bango sebagai kebutuhan setiap hari.

“Terkait dengan lana bango saya akan lakukan koordinasi dan akan bicarakan dengan pengusaha yang ada di Sangihe, untuk dapat mengurangi pasokan minyak kelapa Bimoli, dan diharapkan masyarakat menggunakan produk lokal lana bango,” ungkap Gaghana.

Selain itu menurutnya, dengan dijadikannya Lana Bango sebagai Komoditi utama masyarakat, Jabes berharap hal itu bisa menjadi solusi bagi petani kelapa dari turunnya harga kopra. 

“Dan ini juga merupakan solusi terkait dengan anjloknya harga kopra, dengan mengurangi minyak kelapa Bimoli masyarakat petani juga terbantu, karena masyarakat mengola kelapa menjadi lana bango,”ujar Gaghana. 

Lanjut katanya menambahkan, selain menjadi solusi, dari terciptanya Lana Bango juga memunculkan kegunaan-kegunaan baru yang dapat menunjang sektor ekonomi dimasyarakat. Seperti tempurung dan ampas kelapa sisa dari pembuatan Lana Bango.

“Sedangkan kegunaan dari membuat lana bango banyak memunculkan manfaat-manfaat lainnya. Seperti tempurung dan ampas kelapa, kalau tempurung itu bisa dibuat bara dan dijual ke rumah makan, sedangkan untuk ampas bisa dibuat makanan ternak,” pungkasnya. (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020