Lomban Serahkan Kartu BPJS Tenaga Kerja Bagi 733 Pekerja Informal

BITUNG – Sebanyak 733 orang pekerja informal di daerah ini menerima kartu BPJS tenaga kerja dari Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban (MJL). Penyarahan kartu BPJS Tenga Kerja diserahkan di tiga kecamatan berbeda yakni Kecamatan Girian, Matuari dan Aertembaga, Selasa (03/03/2020).

Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban mengatakan, program tali kasih untuk pekerja informal termasuk tukang ojek, tukang bangunan, pembantu rumah tangga, sopir dan lainnya akan mendapatkan kartu BPJS Tenaga Kerja yang iurannya di bayar oleh seluruh pejabat dan ASN Pemkot Bitung secara sukarela. “Bagi yang belum mendapat kartu BPJS Tenaga Kerja, silakan mendaftar ke kelurahan atau langsung ke dinas tenaga kerja,” Lomban.

Ditambahkan pula, program ini satu-satunya yang ada di Indonesia dan ini bukti kecintaan dan kepedulian Pemerintah Kota Bitung kepada masyarakat. “Saat ini sudah tercatat yang menerima kartu BPJS Tenaga Kerja sebanyak 2775 orang pekerja informal yang di dalamnya termasuk 1077 tukang ojek,” ujar Lomban.

Sementara itu, Ketua BPJS Tenaga Kerja Kota Bitung Widi Astri Apriliania mengatakan, keuntungan BPJS Tenaga Kerja yaitu, jika terjadi kecelakaan saat melakukan pekerjaan, BPJS Tenaga Kerja menanggung penuh biaya jika masuk rumah sakit, dan untuk rumah sakit pemerintah kelas 1 dan kelas 2 untuk rumah sakit swasta. Sedangkan terjadi kecelakaan dan cacat akan mendapatkan santunan, dan juga meninggal dunia, ahli waris akan mendapat total Rp.70 Juta dan dua dari anak-anaknya akan mendapat santunan sekolah yaitu SD Rp.1,5 Juta per tahun selama 6 tahun. SMP Rp.2 Juta per tahun selama 3 tahun, SMA Rp.3 Juta per tahun selama 3 tahun dan kuliah mendapat Rp12 Juta selama 5 tahun. Dan untuk jika terjadi kecelakaan dan tidak bisa bekerja, akan mendapatkan santunan Rp.1 Juta per bulan selama 6 bulan.

Ada pun penerima Kartu BPJS Tenaga Kerja berjumlah 733 orang terbagi di Kecamatan Girian 288 orang, Kecamatan Matuari 293 orang, dan Kecamatan Aertembaga 152 orang.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020