Nelayan Sangihe Go Online

Tahuna- Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME membuka pelaksanaan kegiatan pelatihan Implementasi Program Nelayan Go Online beberapa hari yang lalu, sekitar pukul 10.00 Wita, di ruang serbaguna rumah jabatan Bupati setempat.

Turut hadir utusan atau perwakilan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI), utusan atau perwakilan Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI, PT Aruna, camat dan para nelayan.

Bupati dalam sambutannya mengatakan berharap melalui pelatihan kegiatan ini, supaya nelayan dapat dibantu terhadap problema atau masalah yang dihadapi.

“Menjaga cara kualitas ikan hasil tangkapan, ini merupakan pemecahan masalah. Hal ini sangat perlu. Kita bersyukur, kita mendapat prioritas di Sangihe. Kita bangun dari potensi alam yang dimiliki,” kata Bupati. 

Lanjutnya, kita juga miliki pertanian, kita dorong, melalui program dua hari tanpa nasi dan lanang bango. Juga perikanan, kita dorong, menjadikan nelayan yang hebat. 

“Kami sangat berharap, pemecahan masalah yang ada, itu akan dipecahkan secara bersama. Ini untuk proses yang kita lakukan hari ini,” jelas dia.

Pula disampaikan Bupati, banyak fasilitas perikanan yang mangkrak, coolstorage di Matutuang, Lipang, Para dan beberapa wilayah lainnya. Mudah-mudahan PT Aruna bisa membantu nelayan, agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Nantinya tanggal 7-16 Juli mendatang, sama membahas potensi yang kita miliki. 30 Kementrian membahas potensi di Sangihe. Ada empat sektor yakni pariwisata, perikanan, pertanian dan ekonomi kreatif. Kita dorong, menjadi potensi yang kita kembangkan,” tandasnya.

Juga dijelaskan, kita lakukan yang sangat mendesak di Sangihe, dan nantinya Komiten Ekonomi Nasional akan hadir melaksanakan workshop untuk mengembangkan desa emas, yakni dari desa tertinggal menjadi desa maju. Baru satu tahun, sudah ada 10 desa maju.

“Tidak lagi berbicara, jual hasil ikan dimana, ini benar-benar agenda, bisa diketahui lokasi ikan dan penangkapannya, permasalahan nanti akan kita bicarakan, untuk dapat memecahkan masalah ini. Mudah-mudahan lebih serius mengikuti, betul-betul dimanfaatkan, program bersama sehingga tindaklanjutnya bisa dilaksanakan.”ujar Gaghana.

“PT Aruna sudah sebulan turun lapangan, mengecek terhadap potensi di Sangihe, kalau ada masalah di lapangan agar dapat dikoordinasikan, dan terima kasih bagi PT Aruna, camat, dan teman-teman nelayan yang sudah hadir,” tutup Bupati. (Zul)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020