Pedagang Pasar Tuminting Siap Direlokasi ke Buha, PD Pasar Lakukan Pendataan Status Pedagang

Direktur Operasional PD Pasar, Tommy Sumelong saat melakukan sosialisasi kepada pesagang Pasar Tuminting terkait relokasi ke Pasar Buha.

MANADO – PD Pasar Manado kali kedua melakukan sosialisasi kepada para pedagang Pasar Tuminting terkait rencana Pemkot Manado akan merelokasi mereka ke Kelurahan Buha Kecamatan Mapanget, Senin (10/2/2020).

Sosialisasi berlangsung di Kantor Kecamatan Tuminting menghadirkan Direktur Operasional (Dir Ops) PD Pasar, Tommy Sumelung, Ketua Dewan Pengawas PD Pasar, Max Bawotong, Sekcam Mapanget, Maikel Kapoh serta sejumlah pedagang dengan dipandu Camat Tuminting, Bonix Suweho.

“Intinya apa yang sudah menjadi program dan kebijakan pemerintah, dalam hal ini Pak Wali Kota itu semua untuk kesejahteraan masyarakat Manado, termasuk para pedagang,” kata Bonix.

Saat ini menurut Tomsu, Sapaan akrab Dir Ops, PD Pasar akan melakukan pendataan kembali pedagang Pasar Tuminting sebelum direlokasi ke kelurahan Buha.

Direktur Operasional PD Pasar, Tommy Sumelong saat melakukan sosialisasi kepada pesagang Pasar Tuminting terkait relokasi ke Pasar Buha.

“Ini penting dilakukan agar diketahui terkait penempatan lapak atau lahan berjualan untuk pedagang jika sudah direlokasi ke Buha,” jelas Tomsu.

Status pedagang yang sebenarnya, menurut Tomsu, yakni sudah mengantongi kartu pedagang. Jika kartu tersebut sudah habis masa berlakunya diharapkan segera mengurus perpanjangan kembali. Pedagang tidak mengantongi kartu identitas, otomatis tidak kebagian lahan atau lapak.

“Silakan berhubungan dengan koordinator pasar yang akan mengurus atau memperpanjang masa kartunya. Beliau yang akan mendata. Sebab pedagang yang mengantongi kartu masih berlaku, itu sudah disediakan lapak atau lahan berjualan,” kata Tomsu.

Rata-rata para pedagang siap direlokasi, hanya saja mereka meminta jaminan infrastruktur pasar yang memadai agar aktivitas pedagang dan pembeli nyaman, termasuk lalu lintas jalan umum agar trayek mobil penumpang mikro bisa melintasi kawasan pasar untuk memperlancar aktivitas jual beli. (ant)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020