Pertahankan Nilai Sapta Pesona dan Pulihkan Ekonomi Pariwisata, Dispar Manado Kukuhkan Pokdarwis Bunaken

Mewakili Walikota Vicky Lumentut, Asisten II Pemkot Manado, Philips Sondakh yang didampingi Kadis Pariwisata, Lenda Pelealu dan Kabid Kelembagaan Steven Runtuwene, membuka acara pengukuhan Pokdarwis Bunaken.

MANADO — Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pariwisata mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bunaken, dalam rangka bentuk sikap mempertahankan nilai sapta pesona dilingkungan pariwisata, Rabu (18/8/20), bertempat MC Padi Dive Resort di Kelurahan Bunaken, Kecamatan Bunaken Kepulauan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado, Lenda Pelealu yang sewaktu pengukuhan mendampingi Asisten II Pemkot Manado, Philips Sondakh, mengatakan tujuan pembentukan dan pengukuhan pokdarwis ini adalah membentuk kelompok yang bertugas untuk menjadi ‘motor’ pariwisata di lingkungan mereka masing-masing.

“Pembentukan Pokdarwis dengan maksud bagaimana menumbuhkan kesadaran warga tentang pentingnya nilai-nilai sapta pesona, yang didalamnya termasuk kebersihan, keindahan, keamanan, kenyamanan, dan lainnya. Langkah ini diambil, tujuannya supaya wisata yang ada disini lebih lestari. Misalnya, sampai puluhan atau bahkan ratusan tahun program ini tetap digunakan, kesadaran warga untuk menjaga lingkungan pariwisata tetap pada performa yang diharapkan,” ujar Lenda.

Foto bersama usai kegiatan.

Lanjutnya, apalagi saat ini sektor pariwisata sudah diijinkan beroperasi, tentunya diharapkan masyarakat mampu untuk bangkit dan bersaing lagi. Bukan berarti kita kembali ke kebiasaan yang lalu. Sekarang sudah dengan model tatanan baru.

“Dengan tatanan baru untuk sektor pariwisata, tentunya diharapkan setiap pelaku pariwisata bisa mengedepankan protokol kesehatan, yaitu rajin cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak. Tempat wisata yang semula misalnya tingkat kunjungannya 100 persen, sudah dibatasi atau dikurangi dan ini harus dipatuhi pengusaha sektor pariwisata,” tegas Lenda.

Sementara, Kabid Kelembagaan Pariwisata, Steven Runtuwene, mengatakan apa yang telah dipercayakan kepada masyarakat, diharapkan bisa dilaksanakan dengan baik. Apalagi, ini menyangkut dengan citra pariwisata, pemulihan ekonomi, maka setiap anggota yang telah dikukuhkan diminta agar mampu menularkan tujuan dibentuk Pokdarwis ini. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020