Seminar AIPI Dibuka Gubernur Olly, Tingkat Partisipasi Pilkada Sulut Capai 86 Persen

(Seminar Nasional AIPI Cabang Manado di Ruang CJ Rantung Kantor Gubernur, Jumat (14/9/2018) (foto:kan/ML)

MANADO– Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan Seminar Nasional Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Cabang Manado bentuk kepedulian dan perhatian sekaligus wujud memberikan karya pembangunan bangsa, khususnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Hal tersebut dikatakan Gubernur Olly diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulut Mecky Onibala yang mengangkat tema “Evaluasi Pilkada Serentak 2018 dan Prospek Pemilu 2019”, di ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Jumat (14//9/2018) sore.

Dengan sinergitas segenap komponen pembagunan daerah, Pilkada serentak 27 Juni 2018 di 6 daerah yang melaksanakan Pilkada di Sulut, mata rantai dalam sistem politik demokrasi Indonesia merupakan milik bersama, Pilkada serentak di Sulut tergolong aman lancar dan sukses.

Lebih jauh Ia menambahan semakin lengkap 591.049 daftar pemilih tetap di 76 Kecamatan dan 1.528 TPS, tingkat partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pilkada di Sulut capai 86 persen sebagai nilai capaian tertinggi di Indonesia.

“Saya harapkan 2019 tingkat partisipasi pemilih di Sulut lebih meningkat lagi. Mudah-mudahan para mahasiswa jangan ada yang golput,”bebernya.

Kendati banyak tantangan menghadapi Pilkada mendatang, gubernur mengungkapkan ada respon positif mampu memberi wadah guna mencermati berbagai kekurangan dan hambatan pelaksanaan pesta demokrasi di masa mendatang.

“Dinamika rekomendasi positif evaluasi saat ini. Kehidupan berdemokrasi percepatan pembangunan daerah. Terima kasih AIPI Manado juga instansi terkait telah melaksanakan Pilkada 27 juni 2018 lalu,”tandasnya.

Hadir dalam seminar juga sebagai narasumber Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Walonda, Peneliti Kepemiluan Unsrat Manado Ferry Liando, sebagi pesera para mahasiswa dan tamu undangan lainnya.

(srikandi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020