Tak ada Pelaku Usaha Binaan, Dinas Koperasi dan UMKM Sulut Dinilai Gagal

MANADO-Komisi II DPRD Sulut bidang Perekonomian dan Keuangan menilai Dinas Koperasi dan UMKM Pemprov Sulut dinilai gagal membina koperasi di Sulawesi Utara. Hal ini terungkap ketika hearing Komisi II dengan Dinas Koperasi dan UMKM.

Hearing Komisi II DPRD Sulut dan Dinas Koperasi dan UMKM.

Teddy Kumaat dalam hearing tersebut dengan tegas menyatakan, sudah cukup lama bahkan bertahun-tahun, Dinas Koperasi tidak ada kelompok usaha yang dibina. Maka dirinya menilai Dinas Koperasi gagal bukan karena Kepala Dinas yang sekarang tapi dari pejabat-pejabat sebelumnya.

Kumaat pun mengingatkan kepada Kepala Dinas Koperasi Christian Talumepa untuk segera  melakukan pelatihan bisnis bagi anak-anak mudah yang ada di Kabupaten/ Kota.

“Saya mengusulkan membuat pelatihan kepada pemuda-pemuda di kabupaten/kota, pelopor di mulai dari kecamatan, rekrut pelatihan skil, bina sampai jadi. Jika tidak bisa membina berarti gagal, dan untuk anggaran-anggaran tidak mubasir adakan kerjasama dengan Pemkab dan Pemkot pilih pemuda dan adakan pelatihan kusus,”jelas Kumaat.

Mendengar banyak masukan dari Komisi II, Talumepa membenarkan jika belum ada binaan dari Dinas Koperasi dan UMKM. ” Sangat miris sekali, mudah-mudahan kedepan akan ada pembinaan, dan untuk pelatihan saat ini memang lebih banyak di lapangan dan sudah masuk di Perusahaan Bitung,” aku Talumepa. Sambil mengakui
untuk kerja sama dengan kabupaten/Kota akan melihat pemuda yang punya potensial.

” Saya berpikir tidak akan menggunakan kerjasama dengan kabupaten/kota, tapi akan memilih mitra kerja sesuai dapil masing-masing. Lebih senang kalau teman-teman dewan, karena kalau kita melatih, lebih baik dengan usulan dari dapil masing-masing,”pungkasnya. (mom)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020