Terkait Program, Liwe Minta Kepala SKPD Mitra Harus Terbuka Pada Insan Pers

Ir Farry Liwe MSc

RATAHAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), dalam hal ini Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Farry F Liwe MSc mengingatkan kepada kepala-kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) agar terbuka dan lebih berani memberi tanggapan terkait program yang sementara dan yang akan dilaksanakan kepada insan pers.
Hal tersebut menurutnya sangat penting, agar masyarakat juga bisa tahu perkembangan program yang akan dijalankan oleh SKPD yang ada.
“Harus terbuka jangan ditutup-tutupi, agar masyarakat juga bisa tahu perkembangan program yang dijalankan. Bukan hanya untuk kepala SKPD, tapi juga seluruh ASN di Mitra yang menjalankan program dari pemerintah,” ujar Liwe.
Lanjut disampaikannya, peran media juga akan sangat membantu pemerintah dalam mensosialisasikan program yang ada.
“Harus diakui, media adalah pertner pemerintah yang juga sebagai fungsi kontrol. Karena itu media cetak maupun elektronik bisa menjadi alat dalam mensosialisasikan program-program pemerintah,” terangnya.
Sementara itu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mitra Fanly Mokolomban juga menyarankan, agar ASN yang menjalankan program pemerintah untuk dapat dipublikasikan, sehingga masyarakat dapat melihat perkembangan program pemerintah.
“Memberikan informasi ke media terkait program, merupakan tidakan yang tepat. Dengan begitu masyarakat juga bisa mengetahui program pemerintah,” terangnya.
Ditambahkannya, sesuai undang-undang No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik maka wajib untuk memberikan informasi kepada media, kecuali informasi yang sensitif yang sifatnya tidak bisa dipublikasikan. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020