Pasca Bencana Erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, Rocky Wowor Dampingi Gubernur Bertemu Sekjen Kementerian PUPR

MANADO-Pasca bencana erupsi gunung api ruang di Tagulandang Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, gerak cepat langsung diambil Gubernur pilihan Rakyat Sulut Olly Dondokambey.


Hal ini dibuktikan, didampingi Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sulut, Rocky Wowor, Gubernur Olly Dondokambey melobi pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI untuk membantu terkait rehabilitasi dan konstruksi pascabencana Gunung Api Ruang di Tagulandang serta infrastruktur di Sulut.

Bahkan, Olly membawa langsung proposal permohonan bantuan dengan nomor 360/24.2676/Sekr-BPBD di Kementerian PUPR, pada Senin (22/4/2024).
Informasi yang dihimpun, gubernur diterima oleh Ir. Edy Juharsyah, M.TechKepala Biro Perencanaan Anggaran dan Kerja Sama Luar Negeri (PAKLN) dan Ir. Mohammad Zainal Fatah Sekjen PUPR.


Bahkan dalam pertemuan tersebut, Rocky Wowor menyampaikan aspirasi untuk jalan di Bolmong Raya yang perlu mendapat perhatian pemerintah pusat.

“Saya menyampaikan langsung beberapa aspirasi jalan yang ada di wilayah Bolmong Raya, menjadi kewenangan pemerintah pusat. Tentunya kami berharap agar dapat ditindaklanjuti oleh peleksana teknis diwilayah Sulut,” jelas Wowor.


Diketahui, erupsi Gunung Ruang di Tagulandang mengakibatkan 12.476 terdampak dan 3.598 jiwa harus mengungsi. Selain itu seluruh fasilitas dan rumah penduduk hancur total serta tidak layak lagi dihuni.

Sebanyak 3.908 rumah penduduk yang berada di Pulau Ruang dan Pulau Tagulandang rusak. 833 jiwa atau 301 kepala keluarga yang mendiami dua desa di Pulau Ruang yakni Desa Laing Petehi dan Pumpente telah dievakuasi meninggalkan Pulau Ruang. (mom)