Petugas Lapas dan Polsek Tahuna Jaga Kondusifitas Lapas Tahuna

Kondisi penjagaan di dalam Lapas Kelas II Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Tahuna- Kerusuhan yang terjadi di Lapas Tuminting Kota Manado Sabtu (11/4) kemarin, membuat sejumlah pihak, berjaga-jaga di Lapas untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti apa yang dilakukan Polsek Tahuna yang melakukan penjagaan di Lapas Tahuna, Sabtu (11/4) sekitar pukul 19.00 Wita. 

Kepada media ini Kapolsek Tahuna Iptu Parlindungan Aritonang mengatakan penjagaan ini sesuai dengan instruksi Kapolres Sangihe AKBP Tony Budhi Susetyo SIK. Agar pihak Polsek dapat bekerjasama dengan pihak Lapas untuk menguatkan pengamanan di Lapas Tahuna. 

“Sesuai dengan instruksi dari Bapak Kapolres Sangihe AKBP Tony Budhi Susetyo, kami melakukan koordinasi dengan pihak Lapas Tahuna, terkait kerusuhan di Lapas Tuminting Kota Manado.” kata Kapolsek. 

Kapolsek Tahuna Iptu Parlindungan Aritonang (kiri).

Koordinasi dilakukan oleh pihak Polsek Tahuna agar memastikan keamanan di Lapas Tahuna. Selain itu juga jajaran Polsek Tahuna juga melakukan pengecekan terhadap napi yang ada di dalam Lapas. 

“Selain melakukan koordinasi dengan pihak Lapas terkait keamanan di Lapas. Kita juga melakukan pengecekan para narapidana yang ada di dalam Lapas. Setelah dilakukan pengecekan, para napi sudah di dalam blok kamar masing-masing,” tegas Aritonang. 

Secara terpisah Kepala Satuan Keamanan Lapas Tahuna Hendro Martoyo mengungkapkan bahwa kondisi Lapas Tahuna dalam keadaan kondusif, aman dan terkendali.

Kepala Satuan Keamanan Lapas Tahuna Hendro Martoyo.

“Kita tetap siap siaga dan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Tahuna, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Kita sudah ada backup dari Polsek Tahuna, maupun dari Polres Sangihe. Dan keadaan Lapas sampai saat ini aman, kondusif dan terkendali,” ungkap Hendro. 

Dirinya juga mengungkapkan jika tidak ada penambahan khusus di dalam Lapas Tahuna terkait pengamanan. Hanya saja para petugas piket jaga di Lapas diminta selalu siaga. 

“Saat ini ada 111 orang warga binaan di dalam Lapas Tahuna, petugas juga stanby menunggu komando bila mana ada hal-hal yang tidak diinginkan. Dan saat ini belum ada ketambahan personel penjagaan, petugas regu jaga malam masih seperti biasa,” pungkasnya. (Zul)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020