Awal Juli Berlomba Tingkat Pusat di Padang, Pemprov Lepas Kontingen OSN Sulut

(Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw didampingi Kepala Dinas Pendidikan Grace Punuh bersama kontingen OSN perwakilan SMA di ruang rapat Wakil Gubernur, Jumat (29/6/2018) (foto:kandi:ML)

MANADO– Sulawesi Utara (Sulut) mengutus 24 pelajar mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat pusat terdiri dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang akan diselenggarakan di Padang Sumatera Barat mulai 1-7 Juli 2018 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Grace Punuh disela-sela acara pelepasan kontingen OSN di Kantor Gubernur tepatnya ruang rapat Wakil Gubernur Steven Kandouw Jumat (29/6/2018) sore tadi mengatakan, OSN meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang Matematika, IPA, IPS berasaskan pendidikan karakter.

“Hasil yang kami harapkan melalui lomba ini, terjadi peningkatan minat dan prestasi siswa dalam bidang Matematika, IPA, IPS serta terpilihnya siswa mampu berprestasi pada lomba tingkat Nasional maupun Internasional,”jelas Punuh.

Sementara Gubernur Olly Dondokambey diwakili Wagub Steven Kandouw dalam arahan acara pelepasan siswa OSN mengatakan tidak gampang jadi utusan Sulut.

“Jadi target, tekad Pak Gubernur pertama supaya kita tingkatkan kualitas pendidikan. Ada banyak cara salah satunya kita harus berikan penghargaan untuk adik-adik berprestasi paling tidak jadi pemicu stimulan untuk teman-teman SD-SMA yang lain. Kalian harus bangga,”pesan Kandouw.

Lanjutnya kedua, berharap muda-mudahan sebagai utusan Sulut kalian boleh berprestasi jangan takut kalah menjadi utusan saja sudah menang.”Muda-mudahan ada peningkatan, yang penting fasilitas aman, juga guru-guru pendamping dapat mendampingi. atas nama Bapak Gubernur, Pemprov saya bangga senang, prestasi lebih tingkatkan lagi,”kuncinya.

Berikut Rincian Peserta OSN utusan Sulut:

Jenjang Pendidikan SD, dengan bidang studi IPA dan Matematika, peserta 7 siswa,

SMP 6 siswa, dengan bidang studi IPA Matematika dan IPS.

SMA 11 siswa, dengan Bidang Studi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Ekonomi, Geografi dan Kebumian.

Diketahui untuk SD terdapat 3 siswa yang memperoleh ranking nasional, yakni:

Joaquin N Gabriel SD Providensia Manado, mata pelajaran: Matematika, Ranking Nasional,

Tristan B Kandou SD MIS Kolongan Minut, mata pelajaran IPA, Ranking Nasional,

Fadel Mokoagow SDN 1 Molinow Kotamobago, mata pelajaran IPA

Untuk SMA terdapat 3 siswa memperoeh Ranking Nasional:

Steve A Makalew SMA Kr Eben Haezer Manado, Kimia, Passing grade,

Andre J Wungow, SMA N 1 Tomohon, Kimia passing grade,

Jessica A Ongkowijaya, SMA Kr Eben Haezer Manado, Kebumian, passing grade

Aprilda Thomas, SMA Lokon St Nikolaus Tomohon, Kebumian, passing grade

Prestasi tahun lalu (2017):
Daniel K Tumewu, SMA Kr Eben Haezer Manado, Matematika, Perunggu

Jessica Ongkowijaya, SMA Kr Eben Haezer Manado, Astronomi, Perak

Patricia A Tuerah, SMA Kr Eben Haezer Manado, Astronomi, perunggu

(srikandi/hm)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020